Home Kesehatan Kenali Penyebab Rambut Bau Yang Menggangu

Kenali Penyebab Rambut Bau Yang Menggangu

70
0

Selain wajah dan tubuh, ada komponen utama lain yang juga perlu dirawat lho, Cuters. Rambut adalah bagian yang terkadang sering dilupakan. Padahal, jika tidak dipelihara dengan baik, rambut akan terlihat kusam bahkan bau. Agar mahkotamu senantiasa indah dan wangi, sebaiknya ketahui dahulu yang menyebabkannya berbau tidak sedap. Dialnsir dari laman vemale.com, berikut 5 penyebab bau pada rambut Anda.

 

Berkeringat setelah olahraga

Saat berolahraga, tubuh memproduksi keringat yang membawa bakteri serta kotoran dalam tubuh dan kulit untuk keluar. Hal ini juga terjadi pada kulit kepala. Keringat yang dihasilkan kulit kepala menyebabkan bau rambut, karena area yang lembap mengundang datangnya bakteri. Itulah mengapa, saat berkeringat rambut rentan mengalami baru apek.

 

Polusi asap kendaraan

Bagi pengendara motor atau angkutan umum, polusi asap kendaraan juga merupakan penyebab bau pada rambut. Polusi yang menempel dapat menyumbat produksi minyak pada kulit kepala, sehingga membuat keringat menumpuk. Penumpukan keringat dan minyak ini dapat membuat rambut lepek dan bakteri mulai bereproduksi.

 

Jamur yang menempel pada bantal

Rambut bau bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur atau tinea capitis yang terdapat pada bantal yang kotor. Infeksi pada kulit kepala ini dapat menyerang segala usia dengan gejala rambut mudah patah, warna rambut abu-abu, kulit kepala bersisik, dan rambut menjadi bau. So, pastikan mengganti sarung bantal dua minggu sekali agar terhindar dari ancaman jamur ya.

 

Handuk Kotor

Handuk kotor juga mempengaruhi bau pada rambut. Sebab, handuk kotor mengandung bakteri, yang jika digunakan pada rambut dapat menyebabkan perpindahan kuman ke kulit kepala. Sedangkan jika bercampur dengan keringat akan menyebabkan rambut berbau apek. Pastikan rambut basah dikeringkan dengan handuk bersih dan wangi.

 

Itulah 5 alasan penyebab bau pada rambut, sudahkah kamu menyadarinya? Bau rambut tentu saja membuat Anda merasa tidak percaya diri. Tentu saja setelah mengetahui penyebabnya Anda bisa mengatasinya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here