Home Kesehatan Makan Terlalu Banyak Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Pencernaan

Makan Terlalu Banyak Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Pencernaan

80
0

Ternyata kebiasaan cara makan yang kurang baik bisa menimbulkan berbagai gangguan pada pencernaan lho cuters, seperti rasa panas dalam perut, mual, diare, buang gas, pusing, sulit buang air besar, perut kembung, muntah, dan sakit perut.  Penyebab gangguan pada pencernaan yang perlu cuters ketahui :

Porsi Makan Terlalu Banyak

Makanan yang memadati lambung akan menghambat aktivitas lambusng sehingga asam lambung tidak dapat bersentuhan dengan makanan yang berada di bagian tengah lambung. Sebaiknya makan dalam porsi kecil, tetapi frekuensi agak sering. Ini lebih baik daripada harus 2 – 3 kali makan tetapi porsinya melebihi daya tampung lambung.

Makan Tergesa-gesa

Cara makan yang tergesa-gesa menyebabkan makanan tidak terkunyah sempurnaa. Akibatnya makanan yang ditelah masih dalam bentuk kasar sehingga lambung dan usus halus harus bekerja keras mengolahnya. Kebiasaan ini juga menyebabkan sejumlah udara tanpa sengaja masuk kedalam lambung. Gelembung udara  yang terperangkap akan keluar lagi melalui kerongkongan dan menimbulkan sendawa. Kejadian inilah yang kadang-kadang menimbulkan gelajal perut terasa seperti kembung.

Tegang atau Stres

Rasa sakit pada lambung dan usus halus juga bisa dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti tegang atau stres. Pada beberapa penderita, keluhan hanya terasa di sekitar lambung dan usus halus. Namun, pada beberapa kasusu gangguan dapat terjadi pada seluruh proses pencerdaan.

Penyumbatan pada Saluran Usus

Pola makan yang salam selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan pencernaan dan penyumbatan pada sebagian saluran usus. Hal ini tidak cukup ditanggulangi dengan pola makan yang serasi saja. Tetapi kondisi usus harus disehatkan terlabih dahulu. Perbaikan pencernaan ini akan lebih efektif jika diikuti dengan terapi pembersihan usus besar.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here