Home Kesehatan Makanan yang dapat merusak MOOD

Makanan yang dapat merusak MOOD

235
0

Berikut ini beberapa Makanan yang dapat merusak MOOD

1. Soda

Soda mengandung banyak gula yang akan membuat Anda “sugar-rush” setelah meminumnya. “Sugar-rush” sebenarnya adalah perasaan berdebar-debar yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Namun tubuh akan menyeimbangkan kadar gula darah yang terlalu tinggi ini dengan mengeluarkan insulin yang efeknya akan membuat Anda lemas. Lemas saat perayaan? Tentu membuat “mood” Anda tidak baik. Sebaiknya gantilah soda dengan jus buah sedikit gula.

2. Keripik kentang

Keripik kentang adalah kentang yang digoreng dalam minyak yang kaya akan asam lemak omega-6 dan dapat menghalangi asam lemak omega-3 untuk membuat “mood” menjadi baik. Sebaiknya Anda mengganti keripik kentang dengan kacang almond, yang telah terbukti dapat memberikan sensasi menenangkan.

3. Ubi Jalar

Sama seperti bagel, ubi jalar mungkin dicap sebagai makanan sehat. Ya, jika sajian ubi jalar dipanggang atau direbus tanpa tambahan apapun. Namun apabila sajian ubi jalar dengan tambahan gula yang berlebih akan membuat kadar gula darah Anda melambung, sekaligus meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko depresi dan penyakit Alzheimer. Maka, sebaiknya sajikan ubi jalar tanpa tambahan apapun atau perbanyak saja sayuran seperti wortel atau mentimun.

4. Margarin

Margarin banyak mengandung asam lemak omega-6 yang dapat memicu tubuh mengeluarkan banyak insulin sehingga mempengaruhi “mood” Anda. Jika memang harus menggunakan margarin untuk memasak, sebaiknya ganti penggunaan margarin dengan memilih minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

5. Gula pasir atau madu berlebih

Sama efeknya seperti soda, gula pasir dan madu berlebih banyak mengandung fruktosa yang dapat membuat kadar gula darah meningkat tajam. Jika penambahan gula pasir atau madu terlalu pada makanan/minuman tentu akan membuat ketidakstabilan “mood”, bahkan juga terlalu sering memicu obesitas.

6. Kacang tanah

Kacang tanah kemasan, biasanya disajikan dengan bumbu, salah satunya monosodium glutamat (MSG), yang dapat menyebabkan migren, lesu, dan sesak napas bagi mereka yang alergi. Maka sebaiknya Anda hindari kacang tanah kemasan dan menggantinya dengan kacang yang tinggi kandungan omega-3 nya seperti, kacang kenari atau almond.

7. Roti Bagel

Roti bagel memang dicap makanan sehat bagi sebagian besar orang. Namun jangan terbuai dengan cap sehat yang diberikan padanya. Penambahan margarin dan keju pada roti bagel akan membuat kaya kalori, sehingga jika dimakan terlalu banyak akan menyebabkan Anda kelebihan kalori. Satu roti bagel tanpa penambahan keju atau margarin saja sudah mengandung 400 kkal, bayangkan jika ditambah dengan keju atau margarin.

Makanan-makanan di atas, selain dapat merusak mood, juga dapat membuat gula darah tidak stabil dan menimbun racun di dalam tubuh. Maka untuk membuat mood Anda tetap baik, pilihlah makanan yang kaya serat tanpa gula tambahan. Jangan lupa, perhatikan pula porsi makan Anda.

Sumber : health.kompas.com

SHARE