Home Gaya Hidup Makna dari Ijab Qobul

Makna dari Ijab Qobul

158
0
Ijab Qobul
Ijab Qobul
Ijab Qobul

Kata terdahsyat yang di ucapkan seorang lelaki baligh, yaaa… mungkin itu kiasan yang pantas menggambarkan sosok lelaki yang akan melepas masa lajangnya demi mempersunting gadis pilihan hatinya.

Contoh ucapan ijab qobul ”Saya terima nikah dan kawinnya Leli Kusnawati binti Kusaini, dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan uang tunai senilai Rp. 310.315,- dibayar tunai”

Singkat, padat dan jelas. Tapi tahukan makna “perjanjian/ikrar” tersebut ?

”maka aku tanggung dosa2nya si dia dari ayah dan ibunya, dosa apa saja yang telah dia lakukan, dari tidak menutup aurat hingga ia meninggalkan sholat. Semua yang berhubungan dengan si dia, aku tanggung dan bukan lagi orang tuanya yang menanggung, serta akan aku tanggung semua dosa calon anak2ku”. Jika aku GAGAL? ”maka aku adalah suami yang fasik, ingkar dan aku rela masuk neraka, aku rela malaikat menyiksaku hingga hancur tubuhku”.
(HR. Muslim)

Duhai para istri,,
Begitu beratnya pengorbanan suamimu terhadapmu. Karena saat Ijab terucap, Arsy_Nya berguncang karena beratnya perjanjian yang di buat olehnya di depan Allah, dengan di saksikan para malaikat dan manusia, maka andai saja kau menghisap darah dan nanah dari hidung suamimu, maka itupun belum cukup untuk menebus semua pengorbanan suami terhadapmu. Dan saat itulah semua pintu rizki terbuka untuknya…

#Subhanalloh… Maka nggak kaget bisa saat prosesi ijab qobul si wanita sampai meneteskan air mata, Semoga anda kelak termasuk Suami dan Istri yang Sholeh – Sholeha, yang bisa saling menjadi yang terbaik, pasangan dunia dan akhirat, Amin Ya Robbal ‘Alamin…

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here