Home Ibu dan Anak Maksimalkan Produksi Asi Untuk Asupan Gizi Bayi

Maksimalkan Produksi Asi Untuk Asupan Gizi Bayi

56
0

Memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir adalah pilihan terbaik untuk asupan gizi sang bayi. Sudah banyak terbukti bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup dan yang kurang mendapatkan takaran ASI yang seharusnya. Sistem imun yang lebih kuat dan perkembangan otak yang lebih cerdas adalah dua manfaat yang didapatkan dari ASI untuk seorang bayi. Sayangnya, tidak semua Bunda memiliki waktu luang yang banyak untuk memberikan ASI secara langsung hingga memerlukan bantuan alat pompa ASI. Terkadang produksi ASI setelah dipompa itu tidak maksimal. Oleh karena itu, mari disimak cara efektif untuk memompa ASI dengan maksimal, Moms.

Ciptakan Kondisi yang Nyaman dan Tenang

Keadaan mood Anda ternyata sangat berpengaruh terhadap produksi ASI, lho Bunda. Untuk mendapatkan hasil ASI yang maksimal, coba pompa ASI dalam keadaan yang tenang dan kondusif. Jika perlu, dengarkan musik-musik atau suara-suara yang menenangkan. Keadaan yang santai dapat mempermudah mengeluarkan ASI dan kandungan pada ASI juga akan lebih maksimal.

Lebih Sering, Lebih Baik

Ada baiknya Bunda memompa ASI dalam kurun waktu yang sering dibanding hanya satu sesi dalam sehari. Selain lebih aktif, sering memompa ASI dalam sehari dapat membuat ASI terangsang untuk produksi lebih banyak, lho Bunda.

Berikan Pijatan Halus pada Payudara

Selain suasana yang kondusif dan frekuensi memompa, hal lain yang dapat dilakukan untuk memperlancar produksi ASI adalah dengan cara memijat payudara secara perlahan. Coba berikan pijatan secara melingkar menerus sampai ke bagian puting susu sebelum memompa. Kalau kamu kesulitan untuk mengeluarkan ASI, coba trik tersebut selang beberapa menit sebelum kembali memompa, Bunda.

Alat Pompa ASI Sebagai Alternatif

Jika Anda sering memberikan ASI secara langsung dan sering juga mengalami kesulitan memproduksi ASI, maka coba bantuan alat pompa ASI. Selain itu, mungkin Bunda sering merasa bahwa puting sering lecet atau iritasi kulit akibat memberi ASI langsung. Dengan bantuan alat pompa, Bunda dapat mengurangi rasa iritasi yang disebabkan dari memberikan ASI langsung. Tapi tetap jaga flange pompa agar tetap steril ya, Bunda.

Coba Keluarkan ASI Secara Bersamaan

Untuk mengeluarkan ASI lebih banyak, coba keluarkan ASI dari dua payudara secara bersamaan deh, Bunda! Cara ini dapat menyebabkan ASI yang keluar lebih banyak karena kadar prolaktin yang menjadi lebih tinggi. Sudah banyak, kok, Bunda yang mencoba cara ini. Kalau kamu sulit melakukannya dengan satu tangan, coba dengan bantuan alat pompa listrik yang lebih efektif.

Comfort comes first

Jangan lupa untuk menyesuaikan pakaian yang Bunda kenakan saat memompa agar tetap nyaman. Ada banyak kok, pakaian yang memang dirancang untuk mempermudah Bunda saat memompa ASI atau memberikan ASI. Disaat Bunda nyaman saat memberi ASI, maka produksi ASI akan lebih lancar, Bunda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here