Home Kesehatan Manfaat Baking Soda

Manfaat Baking Soda

255
0

 

baking soda

 

 

Setelah membahas baking soda dan baking powder. Mimin ingin memberikan informasi bahwa baking soda tidak hanya digunakan untuk membuat adonan kue menjadi renyah, tetapi banyak sekali manfaat dari baking soda ini.

Berikut manfaat dari baking soda :

  1. Sebagai Pembersih
    Salah satu bahan alami yang bisa membersihkan kotoran adalah Baking soda. Bisa digunakan untuk membersihkan panci, karak pada dindin kamar mandi bahkan toilet. Caranya adalah dengan menaburkan sedikit baking soda pada tempat yang ingin dibersihkan. Lalu sikat secara merata. Dan siram dengan air. Cling! Segalanya akan bersih.
  2. Penghilang Bau Tidak Sedap
    Manfaat yang lain yaitu sebagai penghilang bau tak sedap. Misalkan pada kulkas. Tidak mungkin kita akan meletakkan bahan-bahan pewangi ke dalam tempat makanan. Jadi cara ini bisa dipakai, karena aman bagi makanan. Letakkanlah baking soda pada wadah terbuka di dalam kulkas. Baking soda bisa menjaga kesegaran makanan atau minuman agar tidak terkontaminasi dengan bau yang tidak enak. Bau tersebut bisa saja berasal dari makanan mentah seperti ikan dan daging atau makanan yang sudah lama. Selain itu, Anda juga bisa memberi sedikit baking soda di tempat sampah dan di sekeliling karpet rumah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit untuk menghilangkan bau tidak hanya di karpet tapi juga seluruh ruangan.
  3. Menghilangkan Noda Membandel
    Cuters bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkan noda di pakaian. Cukup campurkan 104 gelas baking soda dan detergen ke dalam mesin cuci.
  4. Dapat Memadamkan Api
    Bila takut terjadi kebakaran di dapur, cuters bisa meletakkan baking soda dalam botol atau wadah tertutup di dapur. Caranya adalah dengan menuangkannya ke dalam sumber api. Memang akan membuat dapur kotor, tetapi cuters akan selamat bukan?
  5. Pembersih Saluran Air
    Baking soda juga bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pada saluran air. Sehingga tidak akan menimbulkan bau yang tak sedap dan saluran air akan lancar. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda bersamaan dengan satu botol besar air panas ke dalam saluran air.
  6. Membersihkan Buah dan Sayuran
    Bila takut buah danĀ  sayuran yang akan cuters konsumsi mengandung kuman, cuters bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Masukkan 2 sendok baking soda pada tempat yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran Isi air ke dalam sebuah mangkuk atau panci besar untuk mencuci buah dan sayur.
  7. Membersihkan Microwave
    Pernah mengalami kesulitasn saat membersihkan microwace cuters? Jangan cemas, kali ini cobalah menggunakan baking soda. Fungsi dari baking soda adalah untuk melunakkan kotoan sehingga mudah dibersihkan. Caranya adalah dengan masukkan baking soda pada wadah yang bersi air. Panaskan micwromave sekitar 1-2 menit.

 

SHARE