Home Kesehatan Manfaat Bengkoang

Manfaat Bengkoang

382
0

bengkoang

 

 

Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal sebagai tambahan rujak dan asinan. Namun belakangan ini sering digunakan sebagai masker wajah. Bengkoang  berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae disebut  xicama atau jícama.
Bengkoang merupakan  umbi akar (cormus) berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat dapat mencapai 5 kg. Kulitnya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar agak manis.

Bengkoang mengandung  gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin, yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.
Umbi bengkuang biasa dijual orang untuk dijadikan bahan rujak, asinan, manisan , atau dicampurkan dalam masakan tradisional seperti tekwan. Umbi bengkuang sebaiknya disimpan pada tempat kering bersuhu 12 °C hingga 16 °C. Suhu lebih rendah mengakibatkan kerusakan. Penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan hingga 2 bulan.

Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya.

Meski beracun, biji bengkuang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkuang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Keracunan biji bengkuang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau dan dapat digunakan untuk mempelancar buang air besar karena bengkuang mengandung serat yang lebih tinggi daripada mangga.

Berikut manfaat bengkoang yang wajib Cuters tahu

1. Obat Wasir
kandungan serat dalam umbi bengkoang mampu untuk melancarkan BAB. Sehinggat Pnederita wasir tidak perlu merasakan rasa sakit ketika BAB. Sebaiknya jus bengkoang di komsumsi setiap pagi setelah bangun tidur.

2. Obat demam
Pembentukan antibody diperlulkan untuk mengontrol zat pirogen. Dan bengkoang memiliki sifar kiamawi yang dapay digunakan untuk menurnkan demam. Caranya adalah dengan jus bengkoang yang diminum setiap pagi dan sore.

3. Obat Penyakit Diabetes
Diabete s adalah penyakit yang yang kadar gula di dalam tubuhnya sangat tinggi. disebut juga kecing manis. Mengonsumsi begkonag mmembantu untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Karena serat bengkoang membantu menyerap serat makanan secara perlahan. Untuk menjaga kadar gula dalam darah yaitu dengan mengonsumsi jus bengkoang setiap pagi dan sore
4. Obat Sariawan
Bengkoang mengandung vitamin c sehingga dapat membantu sariawan.

5. Sebagi Fitoestrogen alami
Menaupe adalah masa di mana horman-hormon mulai menurun kualitasnya. Karena itu diperlukan makanan yang mengadnung fitoestrogen alami yang mampu menghindarkan wanita dari konddisi fisik yang memburuk.

6. Mengurangi Produksi Asam Lambung
Bengkoang mempunyai sifat yang berfungsi sebagai pendingin dan dapat menyerap asam lambung dengan cepat.

SHARE