Home Kesehatan Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

83
0

Untuk mendapatkan kesehatan fisik dan psikis yang maksimal sebenarnya bukan perkara yang sulit. Selama Anda mau menerapkan pola hidup sehat dan olahraga cukup, memiliki tubuh dan pikiran sehat bukanlah hanya impian dan angan-angan belaka lagi. Anda bisa mendapatkannya dengan cara yang sangat mudah. Salah satu cara agar tubuh sehat adalah dengan membiasakan diri untuk berjalan.

Dikutip dari laman prevention.com, berjalan memiliki segudang manfaat sehat bagi tubuh. Manfaat berjalan tersebut mulai dari melangsingkan hingga meredakan stress. Dan berikut adalah manfaat-manfaat berjalan yang mengagumkan lainnya.

  • Melangsingkan

    Beberapa study menyebutkan jika dengan berjalan, kalori dan lemak dalam tubuh seseorang bisa berkurang dengan baik sedikit demi sedikit. Dengan berjalan pula, kadar gula dalam darah dan lemak dalam tubuh yang memicu kegemukan akan berkurang. Karena apa, karena pada dasarnya, berjalan sama saja membuat tubuh seseorang menjadi bergerak. Saat tubuh bergerak inilah, kalori dan lemak dalam tubuh bisa diuraikan dengan lebih baik menjadi energi.

  • Berjalan Membuat Tidur Kamu Lebih Baik

    Pada jurnal yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan jika seseorang yang rajin dan suka berjalan kaki akan memiliki tidur yang lebih baik dari pada orang-orang yang tak suka berjalan. Dengan berjalan, hormon dalam tubuh akan bekerja dengan baik dan maksimal. Berjalan pula akan merangsang otak untuk berpikir dengan lebih nyaman sehingga tak heran jika berjalan mampu membuat pikiran lebih tenang saat tidur.

  • Pikiran Lebih Tenang dan Nyaman

    Beberapa penelitian menyebutkan jika jalan kaki akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Apalagi, jika jalan kaki ini dilakukan di tempat yang segar seperti taman atau tepi pantai. Tak hanya membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman, kebiasaan baik berjalan rupanya akan meningkatkan nafsu makan dan membuat perasaan semakin bahagia.

  • Berjalan Membantu Kamu Menghindari Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

    Richter, seorang peneliti dari Brigham Young University di Provo, Utah menyebutkan jika orang-orang yang suka berjalan akan memilih makan makanan yang sehat dan mengenyangkan. Jika sudah begitu, keinginan untuk ngemil di malam hari bisa dikurangi dengan baik dan maksimal. Dengan menyukai berjalan, saat ingin ngemil di malam hari, Anda bisa mengalihkannya dengan jalan-jalan sekitar kompleks rumah dan terhindar dari kebiasaan ngemil.

  • Mengurangi Stress

    Bagi Anda yang sedang dilanda stress karena masalah keluarga, pekerjaan atau study, cobalah untuk mengatasinya dengan menyukai aktivitas berjalan. Sebuah study di Swedia menyebutkan jika berjalan selama 30 menit saat makan siang akan membuat pikiran menjadi lebih santai dan masalah stress pun perlahan hilang.

Cuters, itulah manfaat dari berjalan. Mengingat banyaknya manfaat dari berjalan, usahakan untuk mulai menyukai aktivitas berjalan mulai saat ini. Selain menyehatkan fisik Anda, aktivitas berjalan juga akan membuat psikis Anda lebih sehat dan bahagia. Semoga informasi ini bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here