Home Kesehatan Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing

325
0

belimbing

Buah yang satu ini mampu hidup di iklim apapun. Dia tidak terlalu memerlukan sinar matahari seperti tanaman tropis lainnya.
Ialah buah belimbing atau dengan nama latin Averrhoa carambola. Dalam bahasa inggris disebut dengan star fruit. Sebab bentuk buah ini berbentuk segi lima seperti bintang.

Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil tumbuhan buah belimbing ini selain India dan Sri Langka.

Di Bojonegoro Jawa Timur pun, ada satu tempat yang begitu dikenal di daerah sana. Yaitu Kebun Belimbing Ringin rejo. Daerah tersebut begitu bagus untuk dijadikan lahan petanian dikarenakan dilewati sungai bengawan solo. Kebun itu sendiri dengan luas ┬▒ 19.3 hektar dikelola oleh 80 orang. Kepemilikan pohon belimbing masing-masing orangpun berbeda.

Buah Belimbing kaya akan vitamin A dan C. Vitamin A bagus untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin C membantu meingkatkan sistem imun tubuh dan juga menghancurkan radikal bebas berbahaya akibat hasil metabolisme.

Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing

  1.  Mengurangi Kolesterol
    Zat pektin dalam buah beimbing ini sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Juga buah ini bagus untuk mencegah penyakit hepatitis.
  2. Mencegah Penyakit Kanker
    Kandungan vitamin C yang tinggi sangat baik untuk mencegah penyakit kanker.
  3. Mengobati Hipertensi
    Kalium adalah salah satu zat yang mampu mengatasi penyakit stroke, tekanan darah, cemas dll. Buah belimbing sendiri memiliki mineral kalium cupuk tinggi serta kadar natrium yang rendah. Maka dari itu buah belimbing dipercaya mampu menjadi obat penyakit hipertensi.
  4. Melancarkan Proses Pencernaan
    khasiat buah belimbing dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan tubuh kita, ini karena buah belimbing memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu proses pencernaan tubuh kita.
  5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kandungan vitamin A dan C dalam buah ini cukup tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena dalam dua vitamin tersebut mengandung zat antioksidan sehingga membuat tubuh kita terhindar dari penyakit.
SHARE