Home Kesehatan Manfaat Buah Salak

Manfaat Buah Salak

470
0

manfaat buah salak

Buah salak juga disebut snake fruit. Sebab kulitnya bersisik seperti sisik ular. Namun, jangan salah. Buah salak ini memiliki banyak manfaat lho.

Buah yang memiliki nama latin Salacca Edulis ini mengandung nutrisi yang tinggi seperti kalsium, tanin, saponin, flavonida.

Salak dikenal sebagai tumbuhan berumah dua atau dioesis.Jadi penyerbukaannya harus dibantu oleh manusia.

kiri : bunga jantan kanan : bunga betina
Kiri : bunga jantan        Kanan : bunga betina

Selain dimakan langsung. Buah salak bisa dibuat manisan, asinan ataupun dikalengkan, ada lagi yang dikemas sebagai kripik.

Banyak yang tidak paham manfaat buah salak ini. Berikut

  1. Cemilan sehat
    Asupan gizi di dalam buah salak juga bagus untuk ibu hamil. Bahkan di beberapa kasus, buah salak digunakan untuk mengatasi rasa mual yang terjadi pada ibu yang sedang hamil muda.Tetapi bila terlalu banyak akan menyebabkan kosntipati pada ibu hamil. Konstipati atau sering juga disebut simbelit adalah kelainan pada sistem pencernaan mengalami pengerasan tinja yang dapat menyebabkan susah untuk buang air besar.
  2. Salak sebagai obat mata
    Karena di dalam buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk kesehatan mata. Betakaroten adalah zat kimia alami yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah-orange-ungu dan hijau tua. Fungsi betakoraten adalah sumber vitamin A. Betakaroten juga berfungsi sebagai anti oksidan.
  3. sebagai obat diare
    Zat tanin dalam buah salak mampu mengobati penyakit diare.zat tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan ketat yang bereaksi dengan menggumpalkan protein atau berbagai organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.
  4. Sebagai program diet
    Kandungan fitonutrien berguna untuk membantu program diet. Salak mengandung vitamin C , tanin dans erat.

Yang harus diwaspadai lagi pada saat pengkonsumsian buah salak ialah, jika buah salak yang mempunyai cita rasa sepat ternyata juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita maag serta radang usus

SHARE