Home Ibu dan Anak Manfaat Konsumsi Ice Cream Untuk Ibu Hamil

Manfaat Konsumsi Ice Cream Untuk Ibu Hamil

115
0

Banyak yang mengatakan jika ibu hamil dilarang mengkonsumsi Ice cream,  Alasannya obesitas dan tubuh janin menjadi besar. Para ibu hamil biasanya akan menjauhi konsumsi makanan yang manis seperti ice cream. Akan tetapi anggapan seperti itu adalah salah, karena yang sebenarnya adalah ice cream tidak akan memberikan efek bertambahnya jumlah energi dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya. Dilansir dari laman hamil.co.id, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi ice cream untuk ibu hamil.

1. Meningkatkan peluang kehamilan

Penelitian di Harvard School of Public Health, Boston menyatakan bahwa wanita yang ingin hamil dan sedang melakukan program cara cepat hamil, sebaiknya menghindari konsumsi produk susu dengan kandungan lemak yang rendah. Hal itu berkaitan dengan non ovulasi, karena dengan mengkonsumsi ice cream atau produk susu yang mengandung lemak secara rutin setiap hari dapat membantu meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi dalam rahim.

Para peneliti menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1 porsi makanan dari olahan susu yang memiliki kandungan lemak yang tinggi setiap hari, dapat membantu menurunkan risiko infertilitas terkait ovulasi. Jika dibandingkan wanita yang mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil sejenis dalam jumlah yang lebih sedikit per minggunya.

2. Menambah berat Badan

Bagi wanita hamil yang mengalami kekurangan berat badan, apalagi saat mendekati proses persalinan, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula serta kalori. Manfaat ice cream untuk ibu hamil menawarkan kebutuhan gizi ibu hamil tersebut. Dalam 100 gram es krim mengandung kalori (207 kkal) serta 16 gr gula.

3. Pembentukan tulang pada janin

Selama kehamilan, seorang wanita memerlukan tambahan nutrisi lebih dari biasanya. Seperti kalsium, maupun nutrisi lainnya. Kalsium berguna untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat. Hal ini juga berlaku bagi perkembangan janin dalam kandungan, dimana peranan kalsium adalah sebagai pembentuk tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga akan menjaga tulang si ibu agar tetap kuat, karena selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon secara signifikan, sehingga ia membutuhkan tambahan kalsium yang lebih banyak daripada sebelum hamil.

4. Mengatasi mual

Mual dan muntah merupakan hal yang wajar pada awal-awal kehamilan. Hal ini sering disebut dengan gejala morning sickness. Rasa lezat dan manis yang terdapat dalam manfaat ice cream untuk ibu hamil dapat memberikan bantuan saat ibu-ibu hamil mengalami gangguan tersebut selama kehamilan, terutama di trimester awal kehamilan.

5. Mengurangi stress

Mengkonsumsi ice cream dapat merangsang terbentuknya hormon thrombotonin yang bermanfaat untuk menambah suasana  hati, ketenangan, serta menghilangkan stress, terutama pada masa tanda-tanda kehamilan awal.

Namun, hal yang perlu diingat adalah ice cream bukanlah sebagai makanan utama saat kehamilan, ia hanya bisa dikonsumsi sebagai kudapan atau camilan. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori dan gula seperti ice cream dalam jumlah yang berlebihan semasa kehamilan dapat menyebabkan resiko kenaikan berat badan pada ibu hamil.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here