Home Kesehatan Manfaat Lada Hitam dan Lada Panjang

Manfaat Lada Hitam dan Lada Panjang

392
0

Manfaat Lada Hitam dan Lada Panjang

Manfaat Lada Hitam dan Lada PanjangLada adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Namun ada dua lada yang belum umum digunakan doleh masyarakat Indonesia. Yaitu lada hitam dan lada panjang.

Lada hitam atau black pepper merupakan jenis ramuan rempah-rempah yang tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap masakan tetapi juga sebagai obat herbal alternatif. Disadur dari teruskan.com, salah satu manfaat lada hitam adalah dapat membantu dan menjaga sistem pencernaan.

  1. Menambah nafsu makan
    Ketika kita mengkonsumsi lada hitam, selera makan akan meningkat dan secara tidak langsung mengirim sinyal pada perut untuk meningkatkan produksi asam klorida yang dapat membantu tubuh mencerna makanan dan membuat kita bebas dari gangguan sistem pencernaan. Bahkan anorexia pun dapat diatasi dengan lada hitam karena lada hitam akan membantu kita mendapatkan kembali selera makan.
  2. Mempercepat penyembuhan luka
    Misalnya saja setelah tergores pisau, cukup bubuhkan lada hitam pada luka untuk menghentikan pendarahan dan membunuh kuman dalam luka.
  3. Obat flu
    Untuk Anda yang menderita flu, Anda diperkenankan menambahkan banyak lada hitam pada makanan Anda karena akan melancarkan aliran darah di kepala dan melonggarkan saluran pernafasan yang mampet.

Berbeda halnya dengan lada panjang. Lada panjang, menurut herbalisnusantara.com,

  1. Obat pegal linu
    biasanya digunakan untuk campuran jamu cabe puyang yang berkhasiat mengatasi pegal linu.
  2. Selain itu,lada panjang juga diyakini berkhasiat sebagai anti kanker, antioksidan, hepatoprotektif, anti radang, modulasi sistem imun, antimikroba, vasodilatasi coroner, anti fertilasi, anti amoeba, dan pelindung fungsi jantung.
  3. Senyawa amida pada lada panjang juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan tumor.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here