Home Ibu dan Anak Manfaat Mengajak Anak Berkebun

Manfaat Mengajak Anak Berkebun

87
0

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu bersama si kecil. salah satunya adalah dengan mengajaknya berkebun di rumah. Melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan, nggak ada salahnya lho Bunda sesekali membiarkannya berteman dengan tanah dan kotor. Dilansir dari laman molto.co.id, simak beberapa kegunaan yang bisa dipetik dari aktivitas ini ya.

Mendorong Aktivitas Fisik

Perkembangan teknologi dan gadget terkadang membuat si kecil tidak menyadari berapa lama waktu yang dihabiskan di atas tempat duduknya. Jika dilakukan terus-menerus, anak-anak menjadi kurang aktif dan dapat memicu risiko terjadinya obesitas dan turunnya kondisi kesehatan.

Mengajak si Kecil berkebun tidak hanya mendorongnya untuk bergerak, tapi juga memberinya kesempatan untuk menikmati udara segar dan sinar matahari yang baik bagi kesehatannya.

Kebiasaan Makan Sehat

Bagi anak-anak yang mengalami picky eater, berkebun bisa jadi solusi agar ia mau makan buah dan sayur. Jangan berkecil hati karena lahan yang terbatas ya. Bunda tetap bisa kok menumbuhkan sawi, bayam, kangkung, tomat maupun tanaman buah dalam pot. Ajak si Kecil untuk memanen hasil kebun sambil membicarakan nilai nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh.

Mengajarkan Sifat Positif

Kegiatan berkebun menjadi cara sederhana yang dapat mengajarkan kesabaran pada anak-anak. Mulai dari menanam biji, menunggu biji bertunas dan tumbuh hingga besar, hingga siap memanen hasilnya. Selain kesabaran, si Kecil juga belajar nilai tanggung jawab dengan ikut merawat tanaman, seperti mencabuti rumput liar atau menyiraminya setiap hari.

Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

Melalui aktivitas berkebun, si Kecil dapat mengasah kecerdasannya dengan mengajukan pertanyaan dan belajar lebih banyak dari hal-hal yang ada di sekitarnya. Misalnya, lebih mudah mempelajari bagaimana tanaman tumbuh dengan menyaksikannya secara langsung, ketimbang membacanya di buku.

Banyak juga manfaat berkebun bagi si Kecil ya Bunda, luangkan waktu di akhir pekan untuk melakukannya ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here