Home Kesehatan Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Anda

Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Anda

241
0

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai Permen Karet .. ?? Permen karet berasal dari Amerika, terbuat dari getah pohon damar gliserin yang ditambah larutan gula, peppermint dan bahan lainnya, kemudian diaduk dan dipress.

Selama ini kita hanya menikmati permen karet untuk menghilangkan rasa pahit di mulut atau mengusir kebosanan dengan mengunyah permen karet terus membuat balon dngan permen karet tersebut. Ternyata mengunyah permen karet memiliki sejumlah manfaat.

Permen karet tak hanya berfungsi sebagai penyegar mulut belaka. Tetapi juga memberikan dampak positif  saat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Anda diantaranya adalah :

1. Dapat menjaga kesehatan mulut
Ternyata permen karet tidak hanya menyegarkan mulut, tetapi dapat juga menyehatkan mulut. Ketika Anda mengunyah permen karet, Anda akan mengeluarkan banyak air liur. Semakin banyak Anda memproduksi air liur kesehatan gigi dan rongga mulut akan terjaga. Untuk hasil yang maksimal pilihlah permen karet bebas gula.

2. Permen Karet bisa Mengurangi Stres
Permen karet dapat membantu seseorang melawan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama ujian atau saat belajar akan lebih tenang dan tidak grogi.
Mengunyah permen karet dapat mengurangi tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dilepaskan ketika tubuh dalam keadaan tegang, sehingga menyebabkan stres.

3. Membantu Membakar Kalori
Permen karet dapat membantu membakar kalori, terutama jika permen karet yang Anda pilih adalah yang bebas gula. Permen karet mungkin merupakan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, permen karet bebas gula mengandung kalori sangat sedikit yang akan menjadi makanan ringan yang ideal.

4. Sangat baik untuk metabolisme
Tidak hanya mulut saja yang terkena imbas manfaat permen karet. Ternyata kegiatan mengunyah akan meningkatkan motilitas usus. Jumlah air liur dalam mulut akan membuat kita sering menelannya. Air liur yang turun dalam perut akan mencegah terjadinya asam lambung.

5. Dapat menurunkan berat badan
Kenapa bisa menurunkan berat badan, ini disebabkan karena Anda mengunyah permen karet, otot rahang akan bergerak secara otomatis. Baik permen itu masih terasa manis atau tidak, kegiatan mengunyah dapat mengontrol rasa lapar. Dalam satu jam Anda sudah dapat mengenyahkan 11 kalori lemak dalam tubuh.

6. Meningkatkan Pencernaan
Jika Anda terbiasa mengunyah permen karet setelah makan, Anda akan cenderung memiliki pencernaan yang sehat. Permen karet membuat Anda menelan air liur berulang kali karena peningkatan produksi air liur, sehingga memungkinkan asam pencernaan untuk turun ke perut dan memulai pencernaan.

7. Meningkatkan Kekuatan Mental
pada otak dalam menyimpan memori mungkin berhubungan dengan gerakan mengunyah. Ketika Anda mengunyah permen karet, hippocampus (bagian otak yang mengontrol memori) akan dirangsang. Selain itu, permen karet dapat meningkatkan detak jantung dan membantu memberikan oksigen ke otak secara efektif.

8. Membuat gigi putih bersinar
Salah satu manfaat dari permen karet adalah Anda akan mendapatkan gigi putih dan rahang yang kuat. Selain itu kegiatan mengunyah permen karet juga dapat membuat napas menjadi segar dan menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi

Demikian beberapa Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Anda semoga bermanfaat ^_^

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here