Home Gaya Hidup Manfaat Minum Air Putih Hangat

Manfaat Minum Air Putih Hangat

301
0

Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh kita 90% terdiri dari air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air. Para praktisi kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi 7-8 gelas air putih per hari. Namun, air hangat lebih baik dan memiliki lebih banyak manfaat daripada air dingin ternyata manfaat air hangat lebih banyak untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi air putih hangat bagi kesehatan seperti yang telah dilansir oleh Boldsky :

1. Pembersihan
Manfaat minum air putih hangat di pagi hari adalah membersihkan tubuh. Sistem pencernaan yang buruk dapat diobati dengan minum segelas air hangat dua kali sehari, terutama bila diminum di pagi hari. Racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh akan di buang dengan mengkonsumsi air hangat tersebut. Anda juga dapat mencampur air hangat dengan madu dan lemon untuk hasil yang lebih baik.

2. Menyembuhkan Sembelit
Minum segelas air putih hangat saat perut kosong di pagi hari dapat membuat gerakan usus lebih lancar dan menyembuhkan sembelit. Air hangat dapat memecah makanan yang di cerna dalam usus dan melewatinya melalui usus sehingga sembelit dapat dihilangkan.

3. Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang sedang melakukan diet, maka dianjurkan untuk meminum air putih dengan perasan lemon dan madu. Air hangat tersebut dapat merusak timbunan lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Obat Flu dan Batuk
Mengkonsumsi air putih hangat dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri tenggorokkan akibat dari gejala flu dan batuk. Selain itu juga membuat dahak keluar dengan mudah.

5. Mengeluarkan Keringat
Dengan meminum air putih hangat akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Berkeringat membantu membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan kelebihan garam. Selain itu juga dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

6. Melancarkan Aliran Darah
Dengan meminum segelas air putih hangat, sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh akan lancar. Sirkulasi darah dalam tubuh juga meningkat dan juga mengeluarkan racun dalam tubuh.

7. Mengurangi Sakit
Meminum segelas air putih hangat merupakan obat yang efektif untuk menyembuhkan nyeri pada perut ketika mengalami menstruasi. Air putih hangat juga dapat meredakan sakit kepala, sakit perut maupun badan.

Sumber : health.detik.com & sidomi.com
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here