Home Kesehatan Manfaat Tumbuhan Pepaya

Manfaat Tumbuhan Pepaya

701
0

pepaya

Pepaya dengan nama latinnya Carica Papaya L  adalah tumbuhan yang sering dijumpai di daerah tropis. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan utara. Dalam bahasa sunda buah pepayah disebut gedhang, sedangkan dalam bahasa Jawa disebut Kathes.

Kegunaan pepaya ini sangat banyak. Buah pepaya dimakan dagingnya, baik muda maupun yang sudah masak. Daging pepaya muda dimasak sebagai sayuran, sedangkan yang sudah masak bisa dinikmati langsung atau bisa juga dibuat es buah. Daun pepaya dimanfaatkan sebagai sayuran. Memang rasa daun pepaya ini pahit. Namun tidak mengurungkan orang untuk memanfaatkannya. Orang Menado memanfaatkan daun pepaya sebagai lalapan. Caranya dengan disiram air panas. Daun pepaya dapat juga dijadikan pembungkus makanan.

Pepaya memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga melancarkan pencernaan bagi yang sulit buang air besar. Pepaya juga dimanfaatkan untuk dijadikan rujak buah manis bersama bengkoang, nanas, apel, belimbing dll. Getah pepaya sendiri bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.

Manfaat lain dari pepaya adalah :

  1. Sebagai penambah nafsu makan
    Daun pepaya dari dulu digunakan sebagai jamu tradisional untuk menambah nafsu makan. Caranya adalah sebagai berikut : daun pepaya yang masih segar dihancurkan ditambah air dan garam sedikit, bisa menggunakan blender, kemudian bisa ditambahkan madu untuk mengurungai rasa pahit.
  2. Memperlancar pencernaan
    Menurut artikel yang ditulis dikompas, peneliti bernama Dang dari Univ.Florida bersama rekannya yang berasal dari jepang menyebutkan bahwa ekstrak daun pepaya mampu menghasilkan senyawa karpain. Senyawa KARPEIN adalah sejenis alkali yang terkandung di dalam pepaya yang berkhasiat utk mengurangkan serangan serangan jantung, antiameba, dan obat bagi memudahkan sistem pembuangan air kencing-urin (diuretik) juga membantu melancarkan pencernaan dan membunuh parasit di dalam badan.
  3. Sebagai obat Jerawat
    Daun pepaya juga dipercaya sebagai obat jerawat. Nah cuters dapat mencobanya di rumah.
    Caranya : ambil daun pepaya tua seckupnya, kemudian jemur sampai kering. Setelah kering tumbuklah daun itu hingga halus. Berikan sedikit air hingga tumbukan itu menjadi kental. Setelah itu, gunakan krim daun pepaya itu menjadi masker. Oleskan pada muka sampai rata. Lakukan secara rutin setiap menjelang tidur malam.
  4. Sebagai pereda nyeri saat haid
    Nyeri saat haid sering mengganggu dan menyakitkan bagi kaum wanita. Banyak obat yang dijual untuk meredakan rasa nyeri ini. Namun kali ini, mimin memberikan tips untuk meredakan haid secara alami yaitu memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya sudah digunakan sejak lama sebagai pereda nyeri haid. Caranya tidak jauh beda dengan penggunaan sebagai obat atau jamu yang lain hanya saja dengan tambahan yang berbeda, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun pepaya dengan ditambahkan asam jawa serta garam secukupnya, dicampur dengan air secukupnya lalu direbus bersamaan. Setelah dingin minumlah ramuan tradisional tersebut hingga habis dan semoga nyeri haid segera hilang.
  5. Sebagai pelunak daging
    Getah pepaya yang bisa di dapat dari daun (selain dari batang dan buah) ternyata mengandung enzim papain, sejenis protease, yang mapu digunakaan untuk melunakkan daging. Biasanya daging direbus bersama dengan daun pepaya selama beberapa waktu sebelum daging diolah menjadi makanan.
SHARE