Home Unik Esai Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

261
0
diambil dari smeaker.com

 

Marhaban Ya Ramadhan. Bulan yang penuh berkah. Sebagai bulan yang selalu dirindukan oleh umat muslim, Ramadhan pasti selalu membawa kenangan tersendiri. Terutama anak kos. Rasa rindu terhadap suasana rumah, di mana setiap sahur dan berbuka selalu bersama-sama. Sedangkan anak kos, sendirian di tanah rantau, hiks.

Akan tetapi walaupun sebagai anak kosan, jangan sampai kalian kehilangan momen ini ya sahabat cuters. Ada beberapa kemulian bulan Ramadhan yang wajib kalian tau. Agar dalam Ramadhan ini, kita bisa menikmati setiap kemuliaan yang diberikan Allah swt. Apa saja sih kemuliaan Ramadhan?

  1. Al- Quran turun di bulan Ramadhan
    turunnya al quran
    Memasuki malam ke 17, sering diadakan peringatan nuzul al quran. Yang artinya Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan. Yaitu turunnya Surat Al Alaq 1-5.
  2. Dilipatkannya Amal Ibadah
    Kemuliaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah dilipat gandakan amal ibadah. Tentu saja ibadah bukan hanya rukun islam, tetapi berbuat kebaikan kepada sesama manusia pun merupakan ibadah bukan? Sebagai umat Islam yang menjalankan amalan sholeh pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda, sampai sebagai 70 kali lipat sebagaimana terdapat dalam Hadist:
    Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).
  3. Bulan Penuh Berkah
    Ramadhan keberkahannya seperti seribu bulan. Sahabat cuters, Ramadhan kali ini jangan sampai kita hanya mendapat lapar dan haus. Tetapi keberkahannya pun harus kita dapatkan. Karena belum tentu Ramadhan depan kita dapat bertemu lagi. Ramadhan ini, kita bisa menempa diri agar bisa memperbaiki diri, lebih dekat dengan Allah SWT. . seperti hadits dibawah ini:
    “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).
  4. Ramadhan Pengampunan Dosa
    Pada Ramadhan juga seorang muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, bahkan ibadah yang sempurna pada bulan puasa akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru lahir. Sesuai Hadist Shahih:
    “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
    “Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)
  5. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup
    Marhaban Ya Ramadhan. Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist dibawah ini:
    “Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)
  6. Bulan Penempa Diri
    Menahan haus, lapar dan amarah merupakan jalan menuju sifat-sifat sabar yang taqwa. Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat Islam mencapai ketawaan. Sesuai surat dalam Al-Quran yang artinya:
    “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqarah 183)
  7. Malam Lailatul Qadar
    diambil dari firmanpratama.wordpres.com

    Ini yang terakhir, yang dinanti-nantikan. Yaitu malam Lailatul Qodar. Malam 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan Ramadhan. Semoga kita mendapatkan kebaikan dan kemuliaan dari Ramadhan kali ini, sekaligus menjadi manusia yang lebih baik lagi. Tidak hanya lebih dekat kepada Allah SWT tetapi juga berbuat baik kepada sesama manusia. Amiin.

 

sumber

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here