Home Hijab Memilih Kerudung Yang Sesuai Untuk Si Kecil

Memilih Kerudung Yang Sesuai Untuk Si Kecil

116
0

Sekalipun menggunakan pakaian tertutup, Bunda harus dipastikan si kecil nyaman. Tidak gerah dan kepanasan dengan pakaian yang mereka kenakan. Nah, bagaimana ya cara kita memilih kerudung agar sesuai dengan si kecil? Dilansir dari laman abiumi.com, Yuk simak tips-tips berikut!

1. Pilih Kerudung Anak yang Bahan Dasarnya Lembut, Tidak Panas, dan Menyerap Keringat

Memakai kerudung seringkali membuat kulit kepala Anak tertutup dan gampang berkeringat, lho. Ini tentunya tidak nyaman bagi anak-anak, apalagi saat udara sedang panas-panasnya. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun sering merasa tidak nyaman ketika mengenakan kerudung saat suhu panas. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, harus pandai-pandai memilihkan kerudung yang nyaman untuk si kecil. Pilihlah kerudung yang terbuat dari kain yang lembut, tidak panas, dan bisa menyerap keringat sehingga nyaman ketika menempel di kulit anak, misalnya saja bahan katun.

2. Pilih Model Kerudung Anak yang Sesuai dengan Karakter Si Kecil

  • Kerudung motif buah dan bunga
  • Kerudung karakter boneka
  • Kerudung dengan bando kerutan di kepala
  • Kerudung kaos bertopi
  • Kerudung motif garis
  • dan lain-lain

Model-model kerudung tersebut sangat cocok untuk anak-anak kita yang selalu tampil ceria. Namun, jika ingin melihat si kecil tampil anggun, kita bisa memilihkan kerudung dengan model yang lebih simpel, seperti berikut ini.

  • Kerudung putih polos
  • Kerudung rangkap dua
  • Kerudung polos dengan aksen garis di pinggir
  • Kerudung dengan aksen kerutan di pundak
  • dan lain-lain

3. Pilih Kerudung Sesuai dengan Suasana atau Kegiatan yang Dihadirinya

Kita perlu memilihkan kerudung anak yang tepat untuk si kecil sesuai dengan suasana yang akan dihadirinya. Sebagai contoh, untuk acara pesta dan perayaan, kita bisa memilihkan kerudung dengan pernik yang sedikit ramai, misalnya kerudung motif, kerudung dengan hiasan bando kerutan di kepala, ataupun kerudung rangkap dua. Sementara itu, untuk suasana santai atau jalan-jalan, kita bisa pilihkan kerudung kaos bertopi ataupun kerudung polos beraksesn garis di pinggir. Selain itu, saat bermain, si kecil bisa menggunakan kerudung karakter boneka.

4. Ukuran Kerudung Sebaiknya Tidak Terlalu Lebar

Ya, anak-anak sebaiknya tidak menggunakan kerudung yang terlalu lebar, ya Bunda. Ini untuk pertimbangan kebersihan dan keselamatan. Sebagaimana kita pahami bahwa anak-anak sangat aktif bergerak. Mereka bisa saja berlari, melompat, dan memanjat pohon sesuka hati mereka. Di lain waktu, mungkin mereka akan memainkan air, mengorek tanah, dan hal lain untuk memuaskan imajinasi mereka. Kerudung yang terlalu lebar mungkin akan membahayakan mereka karena kerudung terlalu lebar bisa menyangkut. Jadi, sebaiknya pilihkan kerudung yang tidak terlalu panjang, cukup hingga menutupi sebagian dada mereka saja.

5. Sesuaikan Warna dan Model Kerudung dengan Pakaian yang Dikenakan

Meski anak-anak belum paham dengan estetika, padu padan pakaian mereka tetap penting diperhatikan, ya Bunda. Mengapa? Ini agar anak tetap tampil modis dengan kerudungnya. Jika mereka tampak cantik dengan pakaian tertutup, ke depannya mereka akan bangga dengan kerudungnya. Tidak malu menggunakan kerudung, meski teman-temannya tidak mengenakannya karena mereka sudah merasa nyaman dan cantik dengan kerudung. Sebagai orang tua, kita tinggal memberikan pemahaman Islam yang baik tentang kewajiban menutup aurat. Dengan begitu, mereka tidak hanya nyaman menutup aurat, tapi juga paham tentang alasan sehingga mereka harus berhijab.

Ketika buah hati tumbuh menjadi anak yang salihah, tentu itu merupakan kebahagiaan bagi kita. Ini karena anak patuh pada kedua orang tua dan taat dengan syariat-Nya, terutama syariat untuk menutup aurat. Semoga ini menjadi langkah kecil yang bermakna besar, khususnya untuk memperkenalkan dan membiasakan si kecil berhijab.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here