Home Ibu dan Anak Mengatasi Anak Cerewet

Mengatasi Anak Cerewet

79
0

Mulai usia 1 tahun, anak-anak sudah mulai mengucapkan kata pertamanya. Semakin bertambahnya usia, tak heran jika Anak Bunda busa menjadi balita yang sangat cerewet. Ledakan bahasa ini terjadi pada saat anak hanya mampu mengucapkan 1 – 2 kata. Apabila tidak ada ledakan bahasa, Bunda perlu mengecek apakah mungkin ada keterlambatan perkembangan bahasa pada Anak, atau anak Bunda termasuk pendiam.

Lalu, bagaimana cara menghadapi anak yang cerewet dan banyak tanya? Dilasir dari lama gayabunda.com, berikut beberapa hal yang bisa Bunda coba.

Latih Toleransi kepada Anak Lain

Jelaskan pada si kecil bahwa anak lain juga punya pikiran-pikiran yang ingin diutarakannya, jadi teman lain juga ingin punya kesempatan untuk bicara. Cara melatihnya adalah mengubah kalimat berita yang selalu dikatakannya menjadi kalimat tanya. Dengan begitu, secara tidak sadar ia memberi kesempatan kepada anak lain untuk bicara.

Latih Kemampuan Mendengarkan

Anak yang terlalu mendominasi pembicaraan biasanya adalah pendengar yang buruk, dan cenderung mengutamakan pemikirannya sendiri. Dengan kata lain, dia berbakat menjadi anak yang mau menang sendiri atau merasa paling benar.

Manfaatkan Permainan

Mainkan permainan yang membuat anak mesti bergantian melakukan langkah. Misalnya tebak-tebakan, petak umpet, atau main rumah-rumahan dimana yang satu jadi tuan rumah dan yang lainnya jadi tamu.

Latih agar Mau Memperhatikan Orang Lain

Anak bisa juga dilatih agar dapat melihat ekspresi teman bicaranya. Apakah mereka memperhatikan perkataan si anak? Apakah mereka kelihatan tidak sabar? Jika si kecil belajar memperhatikan tanda-tanda ini, ia akan lebih mengontrol waktu bicaranya.

 

Nah, bunda sekarang sudah tahu kan bagaimana mengatasi anak yang cerewet. Sebaiknya, nikmati saja momen-momen istimewa perkembangan buah hati Anda. Mungkin suatu saat nanti Anda akan merindukan masa-masa ini, Bun.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here