Home Ibu dan Anak Mengatasi Lecet Saat Menyusui Secara Alami

Mengatasi Lecet Saat Menyusui Secara Alami

148
0

Menyusui merupakan hal yang membahagiakan bagi seorang ibu dalam merawat buah hati mereka. Menyusui juga dapat menjadi sarana untuk semakin mendekatkan ibu dan buah hati sebab ketika menyusui maka akan terjalin kedekatan dan kekuatan fisik serta emosional antara ibu dan anak.

Namun lecet di puting yang kerap kali dialami ibu menyusui mampu menjadi hal yang mengganggu kedekatan ini. Lecet di puting biasanya terjadi ketika buah hati Anda menggigit puting terlalu kencang.

Apabila Anda mengalami hal tersebut, coba ikuti tips sehat di bawah ini seperti dilansir dari boldsky.com.

Kompres dengan kantong teh hangat
Hangatnya kantong teh mampu menenangkan rasa sakit di puting. Selain itu Anda dapat menggunakannya sebelum menyusui yang berfungsi untuk mencegah luka ketika menyusui.

Olesi dengan air susu
ASI atau Air Susu Ibu kaya akan zat antibodi. Apabila Anda mengalami lecet di puting, Anda dapat mengoleskannya di sekitar puting dan areola. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mengobati puting yang lecet.

Memompa ASI
Memompa ASI dapat menjadi cara untuk meminimalisir terjadinya lecet. Tindakan ini akan membantu melunakkan dan memanjangkan puting Anda sehingga dapat mempermudah keluarnya ASI dan buah hati Anda pun tidak perlu menggigitnya terlalu keras yang akan berakibat dengan lecetnya puting.

Melepas bra
Ketika lecet di puting telah menjadi parah, Anda dapat melepas bra sejenak. Hal ini untuk mengurangi gesekan antara puting dan pakaian serta mengurangi kelembapan yang mengakibatkan luka menjadi bertambah parah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here