Home Tips Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air Saat Berenang

Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air Saat Berenang

61
0

Saat mandi atau berenang terkadang tanpa sengaja telinga kita kemasukan air. Air yang bersarang didalam telinga dapat menggangu pendengaran, telinga juga bisa terasa gatal akibat air yang terjebak dalam kanal telinga. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman ini anda harus berusaha untuk mengeluarkan air dari telinga atau mengeringkan air di dalam telinga. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan air dari dalam telinga.

Tidur Dengan Kepala Miring

Tidur dengan posisi kepala miring ke arah telinga yang tersumbat akan membantu air keluar dari telinga anda dengan sendirinya.

Gunakan Pengering Rambut
Anda juga bisa menggunakan pengering rambut (blow dryer) untuk mengeringkan air dalam telinga. Pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah. Setelah itu nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi sesuai kebutuhan.

Hindari mengorek telinga dengan cotton buds ataupun alat pengorek kotoran telinga karena dapat membahayakan dinding kanal. Gendang telinga bisa pecah jika Anda mengorek telinga terlalu dalam.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here