Home Gaya Hidup Pernikahan Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

76
0

Kehamilan merupakan hal yang paling  ditunggu-tunggu oleh banyak wanita setelah menikah. Sebab, hadirnya buah hati di tengah keluarga merupakan pelengkap kebahagiaan yang telah ada.

Meski sangat ditunggu-tunggu, tapi tak semua wanita mengetahui dengan betul tanda-tanda kehamilan secara jelas. Sebab, tak sedikit tanda kehamilan yang muncul layaknya gejala pre-menstruasi. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika tanda-tanda kehamilan ini sering membawa keraguan pada banyak wanita.

Selain tanda kehamilan yang kurang jelas dan menyerupai tanda awal menstruasi, banyak wanita yang hanya berpegang pada satu tanda kehamilan saja, yaitu terlambat menstruasi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun kita tentunya perlu aware bahwa keterlambatan dalam siklus menstruasi ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal, stress salah satunya.

Nah, jika Anda termasuk yang belum mengenal betul tanda-tanda kehamilan, beberapa ciri kehamilan yang telah kami rangkum dari laman www.parenting.com, berikut ini akan membantu Anda. So, check yuk.. hamil nggak ya?

  • Munculnya Flek yang Diikuti Rasa Kram Pada Perut

    Bercak darah yang muncul sebagai tanda kehamilan ini kadang disalah artikan sebagai tanda awal menstruasi. Padahal, bercak darah ini merupakan tanda adanya implantasi (implantation bleeding) embrio pada dinding rahim.

    Selain itu, munculnya flek ini biasanya juga diikuti dengan rasa kram pada perut. Kram perut yang menjadi pertanda terjadinya kehamilan biasanya akan terjadi secara teratur.

  • Mual dan Muntah

    Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan mengalami mual dan muntah yang biasanya terjadi di pagi hari (karenanya sering disebut morning sickness). Pemicunya adalah peningkatan hormon HCG di dalam darah yang terjadi secara tiba-tiba. Selain di dalam darah, peningkatan hormon HCG juga terjadi pada saluran air kencing. Oleh sebab itu, alat test pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut.

  • Kencing Lebih Sering

    Setelah mengalami keterlambatan haid selama satu atau dua minggu, dan Anda tiba-tiba menjadi memilki kebiasaan buang air kecil yang lebih sering, maka mungkin Anda hamil. Keinginan kencing yang lebih sering ini terjadi dikarenakan janin yang tumbuh di dalam rahim menekan kandung kemih  dan membuat kondisi kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine. Hal ini lah yang kemudian memicu terjadinya peningkatan frekuensi pipis atau buang air kecil di awal kehamilan.

  • Perubahan Pada Payudara

    Jika terjadi kehamilan, maka payudara akan membesar. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan produksi hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Selain itu, kondisi payudara juga akan terasa semakin lembut. Hal ini menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi, hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Puting susu juga akan terlihat membesar dengan warnanya yang terlihat semakin gelap.

Nah, itulah beberapa tanda atau gejala awal terjadinya kehamilan. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Anda dan membuat keragu-raguan Anda terkikis setelah melihat tanda-tanda tersebut muncul dari dalam diri Anda ya, Bunda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here