Home Ibu dan Anak Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

99
0

Berat badan berlebih selama hamil memicu hipertensi dan membuat Anda susah untuk menurunkannya lagi setelah melahirkan nantinya. Jadi Bunda, agar Anda tidak mengalami kegemukan, lakukan langkah ini :

1. Wajib sarapan
Meski Anda harus berangkat pagi ke lokasi kerja untuk menghindari macet, tak berarti melupakan sarapan. Melewati sarapan hanya membuat Anda kalap saat makan siang. Jika memang waktunya mepet, pilih menu sarapan yang mudah dan berserat, misal semangkuk oatmeal dengan potongan buah melon dan pisang.

2. Makan siang lengkap
Maksudnya bukan banyak, melainkan lengkap zat gizinya, yaitu terdiri atas karbohidrat, protein, vitamin, dan lemak jenuh. Jadi daripada Anda mengonsumsi makan siang di warung pinggir jalan yang cenderung berminyak, lebih baik siapkan bekal. Selain itu, ganti nasi putih dengan kentang.

3. Kurangi kopi
Jika sebelum hamil Anda terbiasa minum kopi dari coffee shop favorit, mulailah menguranginya selama hamil. Kafein berisiko menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghambat nutrisi ke janin dan bagian tubuh lainnya. Lebih baik perbanyak air putih.

4. Ganti jenis comfort food
Jangan lagi mengonsumsi cheese cake atau kue-kue manis sebagai camilan sore jika tak ingin kandungan gula dan lemak meningkat. Comfort food dapat diganti dengan potongan buah segar atau dark chocolate yang mengandung antioksidan.

5. Jangan malas gerak
Memang perut yang semakin besar membuat Anda malas untuk aktif, padahal jika Anda hanya duduk—terutama setelah makan—lemak di perut akan menumpuk dan menyebabkan Anda tetap gemuk usai melahirkan. Lakukan joging 30 menit dua kali seminggu sudah membantu menjaga berat badan, kok.

6. Cukup tidur
Jangan terbiasa begadang atau malah tidur terlalu lama. Kebiasaan ini membuat tekanan darah meningkat dan memicu keinginan ngemil lebih banyak.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here