Home Kuliner Menjaga Kesegaran Makanan Saat Disimpan di Freezer

Menjaga Kesegaran Makanan Saat Disimpan di Freezer

66
0

Belanja di awal pekan untuk memenuhi kebutuhan selama satu minggu memang lebih menghemat waktu. Anda tak perlu membeli ikan, daging atau hidangan laut setiap hari. Cukup menyimpannya di dalam kulkas dan bisa mengolahnya kapan pun. Namun hal penting yang dilakukan adalah menyimpan dengan baik di area freezer.

Sebelum membekukannya ada langkah penting yang harus dilakukan. Hal ini agar gizi dan nutrisinya terjaga. Begitu juga rasa dan kesegarannya tidak rusak. Beberapa bahan makanan jika tak disimpan dengan baik di freezer akan kehilangan rasanya, cenderung hambar saat dimasak dan bahkan bisa memicu masalah kesehatan. Lakukan langkah-langkah berikut jika Anda ingin menyimpan bahan makanan dalam freezer.

Dinginkan
Jangan pernah memasukkan makanan yang memiliki suhu hangat apalagi panas ke dalam kulkas. Hal ini bisa mempengaruhi suhu secara keseluruhan termasuk dalam freezer Cuters. Untuk itu pastikan makanan apapun yang dimasukkan sudah dalam suhu yang dingin.

Deep freeze
Lebih dingin lebih baik. Selalu jaga suhu freezer berada di bawah 0 derajat F, hal ini diperlukan untuk menangkal tumbuhnya bakteri pemicu diare. Jika suhu berada di atas 0 derajat F, kualitas makanan cenderung memburuk lebih cepat.

Kontrol kelembapan
Minimalkan membuka tutup freezer. Setiap kali membuka, pastikan Anda menutupnya dengan sempurna. Hal ini agar level susu tetap konsisten yang sangat diperlukan dalam menjaga kualitas makanan.

Tetap kedap udara
Semakin sedikit kontak langsung dengan udara, semakin kecil kemungkinan kualitas makanan rusak. Sebaiknya simpan bahan makanan dalam plastik bersegel rapat. Akan lebih baik jika divakum lebih dahulu Cuters.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here