Home Kesehatan Menjaga Kesehatan, Tidak Harus Makan Daging

Menjaga Kesehatan, Tidak Harus Makan Daging

97
0

Daging tampaknya telah diasumsikan secara berlebihan sebagai sumber gizi yang penting.

Umumnya secara keliru telah menjadi kepercayaan bahwa kekurangan gizi, terutama protein dan vitamin B12 dan kesehatan yang buruk dapat timbul jika makanan hewani dihilangkan. Akan tetapi, banyak kajian telah menunjukkan bahwa tidak ada masalah kesehatan atau kekurangan gizi pada mereka yang melakukan diet vegetarian.

Dari 22 asam amino – komponen protein esensial – yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi normal, hanya 9 yang perlu diberikan dari asupan makanan karena tubuh kita mensintesakan sisanya yang 13. Tubuh dapat menggunakan 100% dari protein ini jika 10 asam amino itu semuanya berada dalam proporsi yang ideal. Namun, jika satu atau lebih asam amino esensial yang jumlahnya kurang dari jumlah ideal, nilai dari seluruh protein berkurang dalam proporsi yang sama. Pada penilaian kualitas skala 1 sampai 100, protein telur adalah 95, susu adalah 82, daging dan unggas adalah 67, ikan 80, padi-padian adalah antara 50 – 70 dan polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah 40 dan 60.

Yang disebut defisiensi protein dalam diet vegetarian bahkan lebih imajiner dibandingkan kenyataan karena kontribusi nilai protein sayuran hijau telah diabaikan dan kebutuhan protein yang sebenarnya lebih sedikit dari diasumsikan. Protein sayuran hijau memiliki kualitas yang sama tingginya dengan protein susu dan dengan demikian memberikan kontribusi yang sangat berharga untuk gizi protein vegetarian. Protein berkualias tinggi menyeimbangkan kualitas protein lebih rendah vegetarian lainnya seperti kacang-kacangan. Konsumsi harian yang direkomendasikan sebesar 70 nilai protein adalah 44 gram untuk wanita dan 56 untuk laki-laki. Sekarang para peneliti telah menemukan bahwa sebenarnya kebutuhan protein jauh lebih sedikit, menjadi 15 gram per hri dari 100 nilai protein atau 21,5 gram dari 70 nilai atau 30 gram protein dari nilai 50 protein. Karena itu, diet vegetarian yang sehat daoat dengan mudah memenuhi kebutuhan protein tubuh.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here