Home Kesehatan Menopause, Apa Sih?

Menopause, Apa Sih?

250
0

Menopause, Apa Sih?

menopause, apa sih

Mungkin banyak yang belum tahu tentang menopause. Menopause adalah siklus alami yang akan dialami oleh wanita berusia lanjut. Tenang, menopause bukanlah penyakit berbahaya. Berikut iniĀ  fakta-fakta seputar menopause. Berikut adalah poin-poin tersebut, dikutip dari nhs.uk.

  1. Menopause adalah saat dimana menstruasi bulanan perempuan berhenti, karena jumlah sel telur mulai mengalami penurunan.
  2. Menopause dianggap sebagai pelrindungan alami tubuh agar perempuan tidak lagi hamil pada usia tua karena berkaitan dengan kualitas kehamilan dan kesehatan ibu dan bayi.
  3. Menopause datang pada setiap wanita dengan bermacam-macam gejala berbeda, dan pada waktu yang tidak sama.
  4. Sebanyak 70% perempuan mengalami gejala paling umum menopause, yaitu merasa gerah berkeringat hebat di malam hari.
  5. Menopause juga ditandai oleh depresi, kelelahan, letih lesu, dan penurunan keinginan berhubungan seksual.
  6. Menopause bisa menyebabkan osteoporosis dan penyakit kardiovaskular.

Nah, ternyata menopause merupakan hal yang normal, dan juga bermanfaat bagi kita, Ladies. Menopaus mencegah kita untuk hamil pada usia lanjut. Bayangkan saja bila nanti di usia 50 kita masih hamil. Ada banyak sekali resiko yang harus kita hadapi yang mungkin membahayakan bagi kita dan bayi kita.

Namun, ternyata menopause juga berbahaya bagi kita karena bisa menimbulkan osteoporosis dan penyakit kardiovaskular. Untuk itu, para perempuan menopause disarankan untuk mengkonsumsi Hormone Replacement therapy (HTR). HRT mampu menggantikan jumlah estrogen yang hilang akibat menopause, yang berfungsi untuk melindungi tulang.

Sayangnya, HRT juga bisa membuat resiko kanker payudara menjadi lebih tinggi karena menambah jumlah estrogen dalam tubuh, yang notabene adalah bahan bakar sel kanker payudara untuk tumbuh.

Oleh sebab itu, ketika Anda sudah menopause, Anda disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin disamping menjalani HRT. Olahraga bisa mengurangi jumlah lemak tubuh, sehingga estrogen tidak tersimpan secara salah dan tidak menyebabkan kanker payudara.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here