Home Resep Menyimpan Sayuran Segar Agar Terjamin Kualitasnya

Menyimpan Sayuran Segar Agar Terjamin Kualitasnya

107
0

Sayuran memang harus dikonsumsi saat keadaan segar supaya Anda bisa mendapatkan nutirisi maksimal dari sayuran tersebut.  Nah Cuters berikut ini cara yang tepat menyimpan sayuran, supaya tetap terjamin kualitasnya saat akan dikonsumsi keluarga Anda :

  • Dikemas Ulang

Sayuran yang berdaun seperti kangkung atau bayam dan cenderung mudah layu, jika belum ingin dipakai dalam waktu dekat sebaiknya bungkus dengan kertas,  lalu masukkan ke kantung plastik untuk mengurangi penguapan air kandungan sayur. Sayuran yang sudah dipotong pun bisa disimpan dengan membungkus lebih dulu dengan kertas.

  • Direbus dan Dikemas

Beberapa sayuran seperti brokoli yang mudah menguning jika terkena udara, sebaiknya direbus dahulu sebelum disimpan di dalam ruang pembeku. Namun sebelum disimpan, biarkan rebusan brokoli  kering lebih dulu. Pisahkan brokoli rebus dalam porsi cukup untuk sekali masak,  karena sayuran beku buatan sendiri hanya memungkinkan  1 kali saja  dicarirkan.

  • Direndam

Jika  membeli sayuran yang masih ada akarnya, seperti sawi, kemangi, bayam, kangkung dan sejenisnya dan Anda belum ingin memakainya, agar tetap segar Anda bisa menyimpannya  dengan cara merendam dalam air dan letakkan  di tempat teduh. Anda tinggal mengambilnya saat hendak memakainya.

  • Didinginkan

Sayuran yang telah dikemas ulang dengan kertas, sebaiknya di chiller atau kotak bagian bawah lemari es dengan suhu tak terlalu dingin untuk mengurangi kerusakan struktur sel yang memicu sayur layu. Sedangkan sayur yang telah direbus sebaiknya selalu disimpan di ruang beku.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here