Home Kuliner MSG Ternyata Ada di Semua Makanan

MSG Ternyata Ada di Semua Makanan

83
0

Meskipun label yang terdapat pada kemasan makanan tertulis bebas MSG, tapi sebenarnya hal tersebut tidak 100 persen bebas MSG. Pasalnya, banyak

makanan yang mengandung senyawa yang mirip sekali dengan MSG secara alami.

Untuk itu kenali beberapa fakta seputar MSG lainnya, berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir Thedailymeal.

MSG adalah umami

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan memperdebatkan apakah umami benar-benar merupakan rasa dasar atau bukan. Sampai akhirnya pada 1985 pada Simposium Internasional Umami yang pertama di Hawai, istilah umami secara resmi diakui sebagai istilah ilmiah untuk mendeskripsikan rasa glutamat dan nukleotida. Kini kata tersebut diterima secara luas sebagai rasa dasar yang kelima, selain manis, asin, asam, dan pahit.

MSG terkandung di hampir semua makanan

Meski label makanan yang Anda beli menunjukkan bahwa bebas MSG, bukan berarti makanan di dalamnya benar-benar 100 persen bebas MSG. Perlu diketahui, pada protein nabati, ragi, ekstrak kedelai, protein isolat dan beberapa variasi makanan lainnya, mengandung senyawa yang sama seperti MSG.

Setiap tambahan MSG harus dimasukkan ke dalam label

Makanan yang menggunakan tambahan MSG harus masuk ke daftar bahan-bahan pada label makanan. Kendati demikian, perusahaan tidak lagi mewajibkan jika ada produk alami yang mengandung bahan asam glutamat untuk dimasukkan ke daftar label makanan.

Produksi MSG hampir sama dengan cuka

MSG dapat disintentis dengan hampir semua jenis makanan mengandung protein melalui fermentasi bakteri dan mirip dengan pembuatan cuka. Untuk menghasilkan MSG, bakteri dikembangbiakkan dengan amonia dan karbohidrat excretes asam amino menjadi kaldu glutamat yang diisolasi. Kemudian distabilkan dengan natrium, disaring, terkonsentrasi, diasamkan, dan mengkristal menjadi putih seperti bubuk dan tidak berbau.

Di Amerika Serikat, MSG hanya tersedia di supermarket

Banyak juru masak yang menggunakan MSG dalam masakan seperti penggunaan garam. Kendati demikian, di Amerika Serikat biasanya Anda hanya menemukan bumbu penyedap masakan ini hanya di Supermarket saja. Tapi, di Indonesia dengan mudah Anda akan menemukan MSG di swalayan atau minimarket terdekat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here