Home Ibu dan Anak Mulai Asah Otak Bayi Sejak Dalam Kandungan

Mulai Asah Otak Bayi Sejak Dalam Kandungan

71
0

Sudah menjadi impian semua ibu untuk memiliki anak cerdas kan, Bunda. Penelitian menunjukan bahwa ternyata otak bayi sudah bisa diasah dari saat mereka masih di kandungan karena stimulasi sang ibu dapat mempengaruhi perkembangan otak sang janin.  Untuk memaksimalkan perkembangan otak janin, Bunda bisa coba cara-cara berikut:

You are what you eat

Asupan yang sehat bergizi bukanlah hal baru yang para Bunda harus ketahui, karena memang asupan kaya nutrisi adalah asupan terbaik untuk kamu dan bayi. Makanan-makanan dengan kandungan vitamin, protein, dan karbohidrat yang cukup dapat membantu perkembangan otak bayi dan juga meningkatkan potensi kecerdasan anak. Hindari zat-zat berbahaya yang biasanya terkandung di dalam processed food atau junk food. Bunda tidak ingin kan, perkembangan bayi terhambat karena apa yang Anda konsumsi?

Hindari stress tingkat tinggi

Bunda harus menyadari bahwa bayi dan calon ibu yang mengandung itu saling berbagi hormon, jadi Bunda harus menjaga stress level. Jika Anda mengalami stress yang berlebih, saraf otak janin akan terhambat untuk berkembang. Selain itu, kemungkinan bayi untuk lahir prematur akan lebih tinggi jika Anda memiliki tingkat stress yang tinggi. So, Bunda harus selalu istirahat yang cukup dan diimbangi dengan olahraga yang cukup dan pola makan yang baik ya, Bunda.

Pengaruh suara-suara eksternal pada janin

Sudah ada banyak penelitian dan studi yang menyatakan bahwa musik merupakan faktor eksternal penting dalam perkembangan kognitif anak dan membantu perkembangan komunikasi. Minggu ke-25 adalah waktu yang tepat untuk mulai memperkenalkan musik kepada bayi dalam kandungan sebab pada minggu inilah kandungan dapat mendengar suara-suara dari luar kandungannya. Coba putar alunan musik klasik untuk membantu memori auditori sang bayi. Musik juga berguna untuk Bunda untuk menenangkan pikiran.

Selain musik, Anda juga bisa rajin-rajin berbicara pada bayi, terutama pada 10 minggu terakhir Anda mengandung. Pada saat itulah sang bayi sudah dapat mengenal suara sang ibu. Lakukanlah komunikasi dengan sering untuk melatih bahasanya nanti saat tumbuh besar.

Berikan sentuhan-sentuhan caring

Seiring perut membesar, Bunda pasti sering mengusap dan mengelus-elus perut atas kasih sayang yang akan Anda berikan untuk buah hati. Tapi yang mungkin Anda tidak tahu adalah bahwa sentuhan-sentuhan yang Anda berikan dapat membantu tumbuh kembang sang bayi lho, Bunda. Pada minggu ke-8, stimulasi sentuhan akan sangat berarti sebab kandungan akan menjadi cukup besar dan bayi akan mulai mendorong kaki atau tangannya. Bayi di dalam kandungan sangatlah sensitif terhadap stimulasi berupa sentuhan, jadi jangan ragu untuk menepuk-nepuk perut once in a while.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here