Home Kesehatan Ngantuk Menular? Cegah Dengan Tips Ini!

Ngantuk Menular? Cegah Dengan Tips Ini!

346
0

Ngantuk Menular? Cegah Dengan Tips Ini!

Ngantuk Menular Cegah Dengan Tips Ini

Pada saat pagi yang cerah, tiba-tiba Anda melihat kawan Anda menguap. Kemudian Anda pun menguap. Padahal Anda merasa tubuh Anda sehat bugar. Lantas kenapa bisa menguap? Apakah mungkin karena mengantuk itu menular?

Jika Anda berpikir kopi adalah solusinya? Sayangnya itu kurang benar. Apabila Anda takut kalau Ngantuk Menular? Cegah Dengan Tips Ini! Cukup luangkan sejenak waktu, sekitar 20 menit. Maka Anda akan terbebasa dari rasa ngantuk.

 

  1. Berjalan- jalan
    Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, bahwa berjalan-jalan bisa mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.
  2. Melihat pepohonan yang hijau
    Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.
  3. Memilih makanan yang sehat
    Pada dasarnya nasi yang mengandung asam amilo tinggi menyebabkan Anda merasa mengantuk dua jam setelah makan. Karena itu pilihlah makanan yang sehat dan tidak berlebihan. Misalnya

    • Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
    • Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
    • Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak
  4. Bercakap-cakap
    Jika anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran agan rileks sejenak. kalo ngaskus di rumah ngobrol sama orang di rumah, kalo di kantor ngobrol sama rekan kerja, kalo di sekolah jangan kebanyakan ngobrol, ntar dikeplak guru.
  5. Bikin ruang kerja lebih terang
    Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.
  6. Tarik nafas dalam-dalam
    Ada satu tindakan yaitu menarik nafas dalam-dalam dengan trik ini. Cobalah Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
  7. Minum air
    Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.
  8. Udara siang mengatur siklus tidur
    Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.
  9. Olahraga
    Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Selain beberapa tips cegah ngantuk nular di atas, ada baiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda. Karena selain faktor makanan, kelelahan, ngantuk bisa juga merupakan tanda ganguan kesehatan tertentu seperti gangguan tidur, kelainan irama jantung atau diseksi aorta.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here