Home Ibu dan Anak Orang Tua Harus Jadi Teman Anak

Orang Tua Harus Jadi Teman Anak

88
0

Di era digital seperti ini, anak-anak nampaknya lebih pintar menggunakan internet dibanding orangtuanya. Mereka tahu bagaimana menggunakan media sosial tanpa perlu diajari orangtuanya. Kemajuan teknologi ini ternyata bisa menjadi media bullying pada anak atau dikenal dengan cyber bullying.

Kondisi ini justru menjadi tantangan orangtua dalam mendidik anak di era digital. Penggunaan internet termasuk media sosial pada anak masih dalam pengawasan orang tua. Salah satu caranya adalah dengan menjadi teman anak di media sosial, seperti Facebook.

Orang tua hanya perlu memantau. Tidak perlu, misalnya, ikut memberikan komentar atau memarahi anak di media sosial. Orangtua bisa berkomunikasi langsung pada anak untuk menghindari cyber bullying dengan memberikan pemahaman kepada anaknya bahwa media sosial adalah ruang publik di mana semua orang atau temannya akan tahu apa yang ditulisnya.

Dengan begitu, anak akan mengerti risiko yang bisa ia hadapi ketika menuliskan sesuatu atau mengunggah foto di media sosial. Orang tua seharusnya tak bisa tenang saja jika melihat anaknya di rumah dan menghabiskan waktu bermain gadget. Sebab, dari bermain gadget tersebut, anak bisa menyelami dunia dan mengetahui banyak hal. Untuk itu, orangtua sebaiknya tidak gagap teknologi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here