Home Ibu dan Anak Pemilihan Baju Yang Nyaman Dukung Tumbuh Kembang Anak

Pemilihan Baju Yang Nyaman Dukung Tumbuh Kembang Anak

54
0

Pertumbuhan dan perkembangan buah hati menjadi perhatian orang tua. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan. Proses tumbuh kembang anak yang optimal tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar anak yang harus diperhatikan oleh orang tua.

Ada tiga aspek penting yang mendukung tumbuh kembang anak, yaitu fisis bimoedis (asuh), emosi (asih) dan stimulus (asah). Asuh meyangkut asupan gizi anak selama dalam kandungan dan sesudahnya. Kebutuhan akan tempat tinggal, perawatan kesehatan dini, dan pakaian yang dikenakan oleh anak.

Bicara tentang pakaian untuk si buah hati, ada dua hal utama yang perlu diperhatikan orangtua, khususnya Bunda, ketika memilihkan pakaian, yakni kenyamanan dan keamanan. Kondisi kulit bayi yang masih sensitif menuntut orang tua untuk selektif dan kritis dalam memilih pakaian. Pastikan bahwa baju yang dipilih dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

Pasalnya, pakaian yang nyaman dan aman digunakan turut berperan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Lapisan epidermis (bagian kulit terluar) pada bayi 20%-30% lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit orang dewasa. Faktor inilah yang akhirnya membuat penyerapan bahan kimia iritan dari luar lebih mudah terjadi hingga menimbulkan gangguan terhadap kesehatan serta kenyamanan anak saat beraktivitas. Bahan kimia iritan adalah bahan yang dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan bila terjadi kontak langsung pada permukaan kulit.

Tak hanya melalui sentuhan dengan kulit,  bahan-bahan berbahaya pada baju berbahan pewarna baju misalnya juga sangat mungkin masuk ke tubuh bayi. Kebiasaan menggigit baju pada bayi dan anak dapat membuat zat-zat berbahaya pada pakaian masuk ke tubuh Si Kecil melalui mulut. Oleh karena itu, orang tua juga harus memperhatikan pewarna yang digunakan pada baju.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here