Home Ibu dan Anak Pentingnya Olahraga Saat Hamil

Pentingnya Olahraga Saat Hamil

98
0

Ibu hamil memang banyak yang menyarankan agar tidak banyak gerak, salah satunya melakukan olahraga. Tapi apa benar, jika ibu hamil dilarang olahraga? Dilansir dari Shape, asalkan dokter membolehkan, kenapa tidak melakukan olahraga. Berbagai penelitian ilmiah pun membuktikan ada manfaat dibalik olahraga saat hamil. Berikut manfaat olahraga untuk Bunda yang sedang hamil.

1. Tubuh lebih sehat
Hal ini memang klise namun beginilah faktanya. Menurut American Academy of Obstetrics and Gynecology berolahraga selama kehamilan akan aman selama dokter kandungan Anda memperbolehkannya. Selama tidak memiliki komplikasi selama kehamilan ibu hamil bisa berolahraga sel ama 30 menit setiap hari atau beberapa hari selama seminggu.
Ibu yang aktif bergerak pun memiliki risiko rendah untuk terkena diabetes gestasional, masalah jantung bahkan depresi pre-natal.

2. Bayi yang dilahirkan sehat
Bayi yang dilahirkan dari ibu yang katif bergerak akan membuat anak memiliki jantung lebih sehat dan risiko rendah tekanan darah tinggi.

3. Tidak sebabkan keguguran
Banyak studi sebutkan bahwa tidak ada hubungan antara olahraga dengan terjadinya keguguran atau melahirkan secara prematur. Malah, aktivitas fisik seperti jalan kaki teratur malah mengurangi risiko keguguran.

4. Tidak melukai ibu hamil
Olahraga seperti scuba diving tidak diperkenankan bagi ibu hamil. Kini banyak ibu hamil dengan perut besar yang menjalani CrossFit, lari, renang, nari dan aktivitas lainnya. Dokter kandungan dari Del Ray OBGYN Associates, Jennifer Daif Parker, M.D, ungkapkan meskipun ibu hamil berani untuk melakukan aneka olahraga pentung untuk mendengarkan pesan dokter dan tubuh sendiri. “Saat tubuh merasa tidak nyaman tidak perlu untuk melakukan pada level tersebut. Ketahui batasan diri Anda,” ungkapnya.

5. Persalinan lebih mudah
Calon ibu yang berolahraga selama kehamilan banyak yang menyatakan saat melahirkan lebih sedikit merasakan sakit. Studi lain pun mengungkapkan bahwa ibu hamil yang berolahraga melahirkan anak dengan berat badan normal.

6. Kehamilan nyaman dan kelahiran cenderung lancar
Menurut Carline Vilfort, M.D., D.O. olahraga bisa memperbaiki segala ketidaknyamanan tubuh yang biasa terjadi pada saat hamil. Diantaranya membantu mengurangi sakit punggung, insomnia, konstipasi. Selain itu rasa bahagia pun mudah didapatkan karena saat berolahraga membuat tubuh melepaskan hormon-hormon bahagia seperti endorfin, dopamin, dan serotonin.

7. Berat badan turun lebih banyak pasca persalinan
Perempuan yang berolahraga menurut studi berat badannya turun lebih banyak 3 kg dibandinkan yang tidak berolahraga tanpa memengaruhi berat badan bayi.

Tentunya Bunda tidak perlu ragu lagi untuk bergerak dan berolahraga untuk kesehatan janin dalam kandungan. Namun, tentunya pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan konsulasi dengan dokter dulu ya, Bun.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here