Home Gaya Hidup Penyebab Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut

239
0


Masalah bau mulut sering di alami banyak orang dan masalah ini merupakan masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam menusuk hidung orang-orang yang berada di sekitarnya. Tentu itu akan membunuh rasa percaya diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, penyebab bau mulut wajib di ketahui agar Anda dapat mengetahui penyebab-penyebab bau mulut kurang sedap. Penyebab bau mulut diantanya adalah :

Bakteri
Salah satu tempat yang disukai bakteri adalah mulut. Bakteri terkadang sembunyi di antara gigi dan permukaan lidah. Mikroorganisme ini berkembang bila mulut dalam keadaan kotor seperti sehabis makan. Dan bila Anda tidak menyikat gigi secara teratu dan bersih maka bakteri akan menumpuk di sela-sela gigi Anda dan bakteri-bakteri tersebut akan mengeluarkan racun dan bau yang tidak enak.

Kebiasaan Buruk
Bila Anda seorang perokok atau suka minum kopi maka kurangi kebiasaan buruk tersebut bahkan hindari. Karena hal tersebut dapat membuat bau mulut menjadi kurang sedap.

Tonsil
Di dalam tonsil (amandel) terdapat lubang dan lubang tersebut merupakan salah satu penyebab bau mulut (halitosis). Di lubang inilah sisa-sisa makanan menyangkut dan kuman berkembang biak, dan akhirnya menimbulkan gas yang cukup menyengat dan tidak enak.

Makanan Beraroma Tajam
Makanan yang memiliki aroma tajam dan menyebabkan bau mulut diantaranya adalah durian, bawang putih, jengkol, petai dan ikan. Makanan tersebut dapat membuat bau mulut tidak enak karena makanan tersebut menghasilkan minyak yang di bawa ke paru-paru dan keluar dari mulut. Terkadang bau mulut kurang sedap tetap ada meski telah menyikat gigi.

Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut terutama ketika bersendawa. Gas yang di keluarkan dari proses pencernaan yang kurang baik di perut dan saluran pencernaan akan menimbulkan bau mulut yang menyengat dan tidak enak.

Mulut Kering
Kurang minum air putih dan mulut kering bisa menyebabkan bau mulut. Anda pasti sering mendengar anjuran untuk minum air putih 8 gelas setiap hari dan minum air putih ketika bangun tidur. Faktanya, setiap bangun tidur di pagi hari pasti sering mengalami bau mulut kurang sedap, maka dari itu di anjurkan untuk meminum air putih dan tentunya juga menggosok gigi.

Penyakit
Bau mulut juga dapat di sebabkan oleh beberapa penyakit seperti Sinusitis (infeksi sinus), Infeksi amandel atau tonsillitis, Penyakit paru-paru, Penyakit ginjal, Penyakit hati, Kelainan darah, Diabetes, Disfungsi kandung empedu dan Kanker

SHARE