Home Ibu dan Anak Peranan Musik Bagi Pertumbuhan Anak

Peranan Musik Bagi Pertumbuhan Anak

295
0

Peranan Musik Bagi Pertumbuhan Anak

Peranan Musik Bagi Pertumbuhan Anak

Perkembangan teknologi mulai dari radio, televisi, hingga gadget tercanggih tidak menghilangkan musik dalam setiap fiturnya. Musik menjadi bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Entah itu musik dangdut, kpop, keroncong dan lain sebagainya, musik tak pernah lenyap.

Ada beberapa pendapat musik dapat meningkatkan fungsi otak pada janin. Karena itu ada beberapa orangtua mulai menperdengarkan musik klasik ketika bayi masih dalam kandungan. Namun benarkah musik akan memiliki peranan terhadap pertumbuhan anak?

Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, “Dasar-dasar musik klasik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, bahkan raga manusia.”

 

Nah musik bisa mulai diberikan pada anak kapan saja. Bisa masih dalam anak-anak, bisa menggunakan lagu-lagu klasik, atau untuk yang muslin, sang ibu bisa membacakan ayat-ayat al-quran pada anak. Tidak ada standart yang pasti kapan harus diberikan.Pada saat masih kecil, perdengarkanlah musik setidaknya tiga kali sehari: Saat bangung tidur,  pengantar tidur siang, dan ketika akan tidur malam.

Ada beberapa sumber informasi yang menyatakan musik berperan dalam pertumbuhan anak.

  1. Menurut Dr Kuei Pin Yeo, orang Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar Doctor dalam bidang seni permainan piano dari Manhattan School of Music, New York menjelaskan bahwa mengenalkan musik pada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, karena peran musik sangat besar dalam menstimulasi pertumbuhan jaringan sel otak anak.
  2. Sedangkan Penelitian di Universitas Toronto berpendapat bahwa anak yang belajar musik cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding yang tidak belajar musik. Karena dengan berlatih musik, keseimbangan otak kiri dan kanan anak akan terbangun dengan baik. Mereka yang saat kecil belajar musik, akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik saat mereka dewasa.
  3. Penulis buku Learning Before Birth: Every Child Deserves Giftedness, Dr Brent Logan menyatakan bahwa perkembangan detak jantung dan fisik bayi (bahkan janin) yang mendengarkan musik akan menjadi lebih baik. Irama musik terbukti mampu menstimulus bayi untuk senang bergerak. Respons ini tentunya membantu perkembangan fisik bayi, dalam hal kekuatan, koordinasi dan kontrol motoriknya.

Nah, rupanya selain musik menjadi hiburan bagi orang, musik mampu meningkatkan pertumbuhan anak, baik segi otak maupun motoriknya.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here