Home Kuliner Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

498
0

Cuters ingin belajar memasak kue atau roti? Bingung dengan istilah-istilah di resep. Jangan khawatir, kali ini Mimin akan mencoba sedikit memberikan informasi tentang Baking Soda dan Baking Powder. Kedua bahan ini sering digunakan untuk membuat kue atau roti.

 1. Soda Kue/Baking Soda

baking-soda

Sodium Bicarbonat adalah komponen baking soda. Bila baking soda tercampur dengan bahan lain yang mengandung asam contohnya cokelat, susu, yogurt akan membuat  adonan kue megembang. Ini disebabkan adanya gas karbondioksida akibat percampuran baking soda dengan bahan yang bersifat asam.

Mencampurkan baking soda pun tak bisa sembarangan. Karena proses perubahan gas ini sangat cepat diharuskan segera memanggang adonan kue yang telah dicapur baking soda.

 

2. Baking Powder

baking powder

Baking Powder merupakan bahan pengembang (leaving agent) yang terdiri dari Sodium Bikarbonat (soda kue) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati).

Di pasaran sendiri Baking Powder dibedakan menjadi dua jenis, yaitu single acting dan double acting. Single Acting diaktifasi pada saat terkena cairan (saat pencampuran) karena itu setelah pencampuran adonan harus segera dipanggang. Sedangkan Double Acting pada saat pencampuran adonan, gas yang terbentuk mulai muncul tetapi mayoritas gas terbentuk pada saat suhu adonan meningkat yaitu waktu dipanggang. Karenanya adonan tidak masalah jika harus menunggu sebelum dioven

Sebenarnya fungsi dari dua bahan tersebut adalah sama, yaitu untuk menghasilkan kue dengan tekstur bagus dan rasa yang enak.

Pada Baking soda, gas yang dihasilkan lebih sedikit dan sedikit pahit rasanya bila tidak ada campuran bahan yang mengandung asam. Sedangkan pada baking powder, gas yang dihasilkan jauh lebih banyak dan rasanya lebih netral. Hal ini dikarenakan dalam baking powder sudah terdapat bahan yang mengandung asam yaitu cream of tartar. Mengingat sifat tersebut baking soda lebih sering digunakan untuk membuat cookies dan baking powder digunakan untuk membuat cake dan biskuit.

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Hem satu lagi nih, cuters dapat mengganti baking soda dengan baking powder. Asalkan cuter mempertimbangkan kompisisi bahan yang mengandung asam karena nanti akan berpengaruh kepada cita rasa kue yang cuters buat.

Atau cuters bisa menggunakan baking soda ditambah dengan cream of tartar. Dengan perbandingan 1 : 2. Satu untuk baking soda. Dua untuk cream of tartar.

 

SHARE