Home Kesehatan Perhatian! Kenali Gejala Awal Stres

Perhatian! Kenali Gejala Awal Stres

224
0

Perhatian! Kenali Gejala Awal Stres

Perhatian! Simbelit Adalah Gejala Awal Stres

Sembelit adalah penyakit susah buang air besar. Apabila Anda sering mengalaminya, ada beberapa alasan penyebab dari penyakit ini. Misalnya terlalu banyak duduk atau berdiri, kurang minum air putih ataupun kurang serat. Namun ada juga kasus yang berbeda. Misalnya Meski sudah berusaha menjaga pola makan, terkadang tiba-tiba perut mengalami masalah, misalnya saja sembelit. Ternyata kondisi tersebut adalah salah satu gejala stres yang jarang disadari. Simak berbagai gejala stres lain yang tersembunyi selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini :

  1. Sembelit
    Ketika stres, secara tidak sadar seseorang menghirup banyak udara. Akibatnya, timbul kembung dan tidak nyaman pada perut. Selain itu, stres merusak kinerja sistem pencernaan yang mengganggu peredaran darah dan menimbulkan masalah sembelit.
  2. Nyeri rahang
    Saat stres, banyak orang suka menggeretakkan giginya tanpa sadar. Hal tersebut berlanjut sampai tidur. Sehingga daerah rahang menjadi kejang dan otot wajah terasa kaku. Itulah yang menimbulkan rasa nyeri pada rahang akibat stres.
  3. Badan membengkak
    Stres bisa menyebabkan bagian di sekitar bibir dan daerah tertentu lainnya membengkak. Hal ini terjadi karena stres menghambat kemampuan antibodi dalam melawan inflamasi dan infeksi.
  4. Sering demam
    Stres menurunkan sistem imun dan merangsang produksi hormon cortisol. Akibatnya, tubuh semakin sulit melawan kuman penyakit dan rentan sakit demam.
  5. Masalah kulit
    Memikirkan suatu hal terlalu serius bisa membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Dari situ, jerawat mudah timbul. Selain jerawat, kulit kering, gatal, dan mudah iritasi juga termasuk gejala stres yang jarang disadari.
  6. Berat badan
    Sebenarnya tidak masalah jika Anda sekali-kali mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sayangnya, ketika kebiasaan itu diteruskan di waktu stres, hormon cortisol mengubah kelebihan makanan menjadi lemak di perut dan meningkatkan berat badan.

Jika gejala tersebut mulai dirasakan, coba selesaikan masalah apapun yang membuat Anda stres. Jangan sampai stres mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda menjadi semakin buruk.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here