Home Teknologi Perhatian Utama Dalam Menggunakan Food Processor

Perhatian Utama Dalam Menggunakan Food Processor

435
0

Zaman sekarang yang serba canggih seolah bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Tak terkecuali soal urusan dapur, gadget dapur semakin hari semakin beragam dan semakin canggih.

Alat yang banyak dimiliki ibu rumah tangga dirumahnya adalah food processor. Alat ini biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu, bahan ataupun mencampur adonan. Tapi layaknya mesin lain, food processor juga memiliki aturan yang harus diterapkan agar alat ini bisa membantu meringankan pekerjaan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dilansir dari TheKitchn,  berikut beberapa hal yang harus jadi perhatian utama.

Jangan lupa tekan tombol pulse

Tombol yang paling sering ditekan pastilah tombol ON, OFF atau tingkat kecepatan putaran mesin. Sebagian besar orang lupa jika tombol pulse juga sangat berperan penting. Fungsi tombol pulse di sini adalah untuk membuat bahan atau bumbu yang sedang diproses menjadi lebih halus. Tekan tombol pulse dan diamkan untuk beberapa waktu maka Anda akan mendapatkan bahan makanan yang lebih halus.

Jangan samakan Food processor dengan blender

Meski terlihat mirip, tapi food processor berbeda dengan blender. Dari bentuk tabungnya saja sudah terlihat beda, blender bisa digunakan untuk menghaluskan bahan yang mengandung banyak air sedangkan food processor tidak. Blender memang diperuntukkan untuk membuat jus dan minuman dingin lain yang memang menggunakan banyak air, sedangkan food processor lebih berfungsi untuk mencampur bahan atau menghaluskan.

Jangan masukkan bahan yang terlalu besar

Pisau-pisau pada food processor memang bisa merobek dan menghancurkan bahan yang hendak dihaluskan tetapi sebaiknya perkirakan juga ukuran bahan yang dimasukkan ke dalam food processor. Jika ukuran bahan terlalu besar, sebaiknya potong menjadi bagian yang lebih kecil sebelum memasukkan dalam food processor.

Jangan menjalankan mesin terlalu lama

Layaknya mesin lain, food processor juga punya memiliki motor mesin yang memiliki batas kapasitas. Jangan terlalu lama mendiamkan food processor dalam keadaan hidup, selain akan merusak adonan maka mesin juga akan cepat panas dan rusak.

Jangan cuci menggunakan mesin pencuci piring

Food processor sebaiknya dicuci menggunakan cara manual dan jangan dicuci menggunakan alat pencuci piring. Suhu panas mesin pencuci piring akan merusak gelas, pisau dan komponen lain food processor.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here