Home Unik Esai Persiapan Pergi Ke Eropa

Persiapan Pergi Ke Eropa

508
0

Berbicara tentang mimpi. Apakah ada salah satu dari kalian mempunyai mimpi keluar negeri? Menuju tempat-tempat yang biasanya hanya bisa kita lihat di televisi. Dan kita bercita-cita suatu saat akan berpijak di sana. Mengecap rasa yang ada di sana. Tanah yang sangat jauh dari Indonesia. Dan banyak orang-orang yang berbeda warna kulit, juga bahasanya. Struktur bangunannya. Semuanya berbeda. Semuanya serba asing.

Untuk orang-orang yang menyukai peteluangan dan hal-hal baru, saya yakin pergi ke luar negeri adalahs atu mimpi mereka. Bukan sekedar menginjak Negeri Brunai Darussalam yang notabene masih satu pulau dengan kalimantan.

Tapi Negeri yang jauhd ari negeri kita. Eropa misalnya.

Bangunan-bangunan kuno. Merparti berterbangan bebas. Tidak adanya sepeda motor meliuk-liuk di jalan raya. Banyak orang jalan kaki kemanapun pergi. Dan beras bukan merupakan makanan pokok di sini.

Menurut buku Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dolar, ada beberapa tips untuk pergi ke Eropa dengan meminimalkan biaya. Alias kalian akan diajari menjadi Backpacker.  Backpacker adalah istilah yang secara historis telah digunakan untuk menunjukkan suatu bentuk murah, perjalanan nasional/internasional independen. Namun seringnya waktu kata Bakcpaker digunakan untukebagai wisatawan dari berbagai budaya dan wilayah berpartisipasi dan akan terus berkembang, mencegah definisi baku.

Nah berikut ada tips untuk pergi Ke Eropa

  1. Rencana Perjalanan
    Buat rencana sejelas mungkin seperti alasan pergi, negara/kota yang akan dikunjuni, transportasi yang akan digunakan, biaya yang diperlukan, kapan waktu berangkat.
  2. Kenalan lama
    Manfaatkan teman atau kenalan lama kita yang ada di luar negeri sana untuk mencari informasi lebih detail atau numpang menginap :D.
  3. Uang
    Setalah membuat daftar uang yang diperlukan. Saatnya mencari tambahan uang saku. Seperti mencari kerja part time yang akan menambah tabungan.
  4. Transportasi
    Survei transportasi apa yang akan digunakan dan biayanya. Baik pulang pergi ke Indonesia ataupun transportasi selama melakukan perjalanan di Eropa.
  5. Izin
    Jangan lupakan Birokrasi kelengkapannya ya. Seperti Pasport, Visa.
  6. Akomodasi
    Pikirkan juga di mana kalian akan menginap. Apabila di hotel/hostel siapkan  biaya yang diperlukan.
  7. Komunikasi
    Di Eropa internet sudah menjamur. Jangan sampai ketinggalan informasi sekecil apapun. Internet juga yang akan menghubungkan kita dengan keluarga di tanah air.
  8. Makan
    Ingat ya di Eropa, nasi bukan merupakan makanan pokok. Sangat sulit untuk menemukan restoran yang menjual nasi. Bahkan harganya pun dibilang tidak murah. Untuk minum, kecuali di Eropa Timur dan Rusia, kalian bisa minum dari westafel ataupun air ledeng di taman. Terbukti kebersihannya.
  9. Angkot
    Kebanyakan orang-orang Eropa berjalan kaki. Kecuali menempuh jarak jauh. Mereka lebih sering menggunakan kereta. Jadi tidak ada angkot di sana. ^^
  10. Bawaan
    Sebaiknya membawa satu tas besar (seperti tas gunung), satu tas kecil (tas selempangan) untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering keluar masuk tas. Contoh : HP
  11. Aktifitas
    Tentukan dan jadwalkan aktifitasmu. Apakah ada festifal tertentu yang perlu dilihat atau tempat tertentu yang membutuhkan waktu berkunjung lama
  12. Shopping
    Orang Indonesia selalu menanyakan ‘Oleh-oleh’ tidak peduli kalian pergi ke mana serta tujuannya apa. Jadi belilah sesuai kebutuhan saja. Jangan sampai mengganggu perjalanan kalian karena terlalu banyak membawa barang.
  13. Keamanan
    Di Eropa tingkat kriminalitas sangat kecil. Bahkan dapat dihitung dengan jari dalam satu tahun.
    Ada satu pepatah bijak.
    “Apapun dapat terjadi di depan rumahmu sendiri.”

 

So tunggu apalagi? Ayo siapkan mentalmu menuju Eropa. Untuk informasi lebih lengkap disarankan membaca buku Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dolar.

buku-1000-dollar

SHARE