Home Ibu dan Anak Perubahan Yang Terjadi Pada Rambut Setelah Melahirkan

Perubahan Yang Terjadi Pada Rambut Setelah Melahirkan

83
0

Cuters, tahukah Anda , Adele pernah mengakui bahwa dia memiliki masalah rambut pasca melahirkan. “Ketika saya hamil, saya punya begitu banyak testosteron dan tumbuh jenggot,” Harian Inggris The Sun melaporkan. “Saya bangga dengan itu,” katanya.  Tak hanya Adele, Drew Barrymore juga mengatakan hal yang sama tentang perubahan pada rambutnya, dia merasa rambutnya menjadi botak pasca melahirkan.  Perubahan-perubahan tersebut di atas bukanlah hal yang aneh bagi wanita hamil dan pasca bersalin. Untuk tahu apa sebabnya, simak penjelasan dua dokter kebidanan dan kandungan ini.

  • Pertama rambut Anda menjadi cantik

    Selama kehamilan rambut Anda menjadi terasa lebih tebal, kata Chloe Zera, MD, dokter kebidanan dan kandungan di Brigham and Women’s Hospital di Boston. Biasanya rambut akan  melalui fase pertumbuhan aktif dan tidak aktif ,” jelasnya, dan ada keseimbangan yang baik di antara keduanya. Ada rambut yang akan masuk fase tidak aktif tapi akan lebih banyak yang masuk fase pertumbuhan aktif.

  • Fase Rambut Rontok

    Setelah melahirkan, hal di atas bisa berubah menjadi menakutkan. Rambut akan mengalami kerontokan.  Tarik napas dalam-dalam: Anda tidak benar-benar akan botak, kata Nicole Williams, MD, pendiri The Gynecology Institute of Chicago. Namun jika rambut rontok diiringi dengan perubahan pola buang air besar, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, intoleransi terhadap panas atau dingin, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan tiroid Anda berfungsi sebagaimana mestinya, kata Dr Zera.

  • Mungkin akan tumbuh ‘jenggot’

    Pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di tempat-tempat yang menakjubkan seperti wajah atau puting payudara, dapat terjadi ketika Anda sedang hamil dan pasca melahirkan. “Jika tingkat estrogen Anda tetap tinggi setelah kehamilan, tubuh akan memanfaatkan enzim untuk mengubah estrogen menjadi testosteron,” papar Dr Williams. Itulah yang menjadi pemicu tumbuhnya  “jenggot.”

  • Rambut akan tumbuh lagi

    Seperti rambut Anda kembali normal Anda mungkin melihat sedikit perbedaan di garis dahi Anda. Di situ akan ada rambut halus seperti rambut bayi. Rambut di batas dahi ini akan makin terluhat jika Anda menyisir rambut Anda ke belakang dan mrnguncirnya seperti ekor kuda.

Anda mungkin memperhatikan bahwa tekstur umum rambut Anda terasa berbeda juga. “Karena fase pertumbuhan rambut berlangsung  perlahan, helai rambut baru akan tampak lebih halus,” kata Dr Williams. Untuk menghadapinya, Anda harus belajar cara-cara baru dalam.menata rambut atau bereksperimen dengan produk perawatan rambut yang baru. Tapi sekitar satu tahun setelah Anda melahirkan, tekstur rambut akan kembali normal.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here