Home Ibu dan Anak Posisi Tidur Nyaman Ibu Hamil

Posisi Tidur Nyaman Ibu Hamil

73
0

Tidak seperti orang pada biasanya, ibu hamil, terutama yang memasuki trimester kedua, akan menghadapi kesulitan saat tidur karena sulit mencari posisi yang pas. Walaupun ukuran perut membesar secara signifikan, Bunda tak perlu khawatir mengenai posisi tidur, karena sebenarnya tubuh Anda memberikan perlindungan untuk sang janin. Tapi ada baiknya juga untuk mencari tahu lebih jauh mengenai posisi-posisi tidur berikut untuk ibu hamil.

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Kalau Anda masih di trimester pertama, maka posisi ini relatif aman. Tapi saat sudah memasuki trimester kedua, tidur akan terasa tidak nyaman karena perut akan membesar. Payudara juga akan membesar dan rangsang payudara akan menjadi lebih sensitif dan mungkin akan menyebabkan ketidaknyamanan berlebih jika tidur saat posisi tengkurap.  Saat memasuki trimester keempat atau minggu ke-14, tidur tengkurap tidak dianjurkan karena anda harus menyokong paha dengan bantal karena perut yang besar yang dapat menyebabkan nyeri di pinggang juga.

Tidur Dengan Posisi Terlentang

Posisi tidur terlentang adalah posisi tidur yang paling tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena seluruh berat diletakkan di bagian belakang rahim. Pada saat trimester kedua dan ketiga, tidur dengan posisi terlentang dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan sirkulasi darah, bahkan ada beberapa kasus terjadi penurunan darah yang menyebabkan pusing akibat posisi tidur terlentang. Tetapi jika Moms terbangun dan posisi tidur sedang dalam keadaan terlentang, tidak usah khawatir, cukup ubah posisi tidur ke posisi miring.

Tidur Dengan Posisi Miring

Bisa dibilang posisi miring ini adalah posisi yang paling aman untuk ibu hamil. Walaupun tidak ada penelitian pasti mengenai posisi tidur terbaik, tapi untuk ibu hamil yang memasuki minggu ke-16, posisi tidur miring adalah posisi yang menguntungkan karena dapat aliran darah maksimal ke plasenta. Tidur dengan posisi miring akan lebih nyaman jika disertakan bantal khusus yang di desain untuk posisi tidur miring.

 

Nah Bunda semoga informasi tentang posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil bermanfaat untuk Anda khususnya yang saat ini sedang hamil.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here