Home Gaya Hidup Postingan Di Media Sosial Cerminkan Kepribadian

Postingan Di Media Sosial Cerminkan Kepribadian

161
0

Dari pernyataan rendah hati hingga teriakan samar untuk  mencari perhatian, banyak postingan di media sosial yang menarik untuk kita amati. Jutaan dari kita menulis status situs media sosial setiap hari.

 

Sebuah penelitian baru mengatakan, status di Media sosial seseorang benar-benar dapat mengatakan banyak hal tentang kepribadian penulisnya. Status di media sosial dapat mengungkapkan apakah kita seorang narsis atau neurotik, dan berapa banyak harga diri yang kita miliki, kata peneliti.

 

Menulis tentang hal-hal yang romantis tentang pasangan adalah tanda harga diri yang rendah, menurut penelitian. Penelitian dilakukan oleh Brunel University dengan menganalisa 555 pengguna Facebook.

 

Survei difokuskan pada lima besar ciri kepribadian: ekstrovert, terbuka, ramah, neurotisis dan penuh kesadaran. Plus  harga diri dan tingkat narsis mereka.

 

Para ilmuwan menemukan, pengguna cenderung untuk mengirim update sesuai dengan ciri-ciri kepribadian mereka. Mereka menemukan orang dengan skor narsis yang tinggi  mencari pengakuan dari orang lain yang tidak bisa mereka temukan secara offline.

 

Orang yang ekstrovert memanfaatkan Facebook sebagai alat untuk terlibat secara sosial dan kerap menulis status tentang kegiatan sosial. Mereka juga kurang termotivasi oleh rasa suka dan lebih termotivasi oleh interaksi dengan orang lain. Lengkapnya, inilah hasil dari penelitian tersebut.

 

Narsis

Orang yang narsis kerap menulis status tentang prestasi mereka baik di bidang diet, olahraga dan lainnya karena mereka mencari perhatian dan validasi.

 

Terbuka, penuh rasa ingin tahu, kreatif

Orang yang terbuka, penuh rasa ingin tahu dan kreatif sering menulis status  tentang keyakinan politik dan topik intelektual karena mereka suka mencari serta berbagi informasi dalam  interaksi social.

 

Teliti

Tipe teliti  jarang menulis status karena mereka cenderung waspada mengenai bagaimana orang lain menerima status mereka. Ketika mereka menulis status, seringkali tentang anak-anak mereka

 

Tingkat percaya diri rendah

Orang yang rendah  diri sering menulis status tentang mitra romantis mereka, untuk menumpas rasa tidak aman dan menunjukkan hubungan mereka berjalan dengan baik.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here