Home Kesehatan Punya Hewan Peliharaan Bisa Jadi Obat Penghilang Stres

Punya Hewan Peliharaan Bisa Jadi Obat Penghilang Stres

96
0

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya stres, diantaranya yaitu masalah pekerjaan, sekolah, keluarga dan lingkungan sekitar Anda. Tentunya, apapun masalah pemicu stres maka yang dapat mengatasinya adalah diri Anda sendiri.

Menghilangkan stres bagi sebagaian orang bukanlah hal yang mudah. Namun ternyata, ada cara yang tidak disangka dapat membantu Anda menghilangkan stres, yaitu dengan memelihara hewan. Baik itu anjing, kucing, atau hewan lain yang Anda sukai.

Dengan memelihara hewan, ada beberapa terapi penghilang stres yang dapat Anda dapatkan saat bermain dengan hewan tersebut. Hal ini secara ilmiah juga telah diteliti oleh para ahli. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini penjelasannya :

1. Hewan peliharaan dapat menurunkan hormon stres Anda

Sebuah studi di pusat interaksi manusia dan hewan di Virginia Commonwealth University School of Medicine mengungkapkan bahwa bergaul dam bermain dengan hewan peliharaan seperti anjing, dapat mengurangi tingkat stres seseorang, dengan berkurangnya hormon stres kortisol. Selain itu, bermain dengan anjing ternyata juga dapat meningkatkan oksitosin, yang merupakan hormon anti stres pada manusia.

2. Hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan darah Anda
Saat sedang stres, maka detak jantung seseorang akan bekerja lebih cepat dan menyebabkan tekanan darah menjadi naik atau tinggi. Sebuah studi mengungkapkan, bahwa rata-rata orang yang memiliki hewan peliharaan, memiliki tekanan darah yang lebih normal dan rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.
3. Hewan peliharaan membuat Anda melupakan masalah
Saat Anda sedang merasa banyak masalah menumpuk, hewan peliharaan ternyata dapat membantu Anda melupakan masalah dan melihat suatu masalah secara lebih perpektif. Hewan peliharaan, dapat memberikan efek positif dengan membuat diri Anda menjangkau sisi luar diri Anda.

Setiap kali Anda merasa stres, cobalah bawa hewan peliharaan seperti anjing berjalan-jalan ke luar dengan berjalan kaki selama 10 menit. Saat dibawa berjalan-jalan, dengan melihat hewan peliharaan Anda menghargai hal-hal kecil, maka Anda akan termotivasi untuk melakukannya juga. Dengan demikian, pemikiran yang positif akan muncul pada pikiran Anda dalam menghadapi masalah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here