Home Kesehatan Redakan Nyeri Haid Yang Menyiksa

Redakan Nyeri Haid Yang Menyiksa

113
0

Nyeri datang bulan atau nyeri haid biasanya disebabkan oleh dinding rahim yang mengalami kontraksi Cuters. Karena kontraksi ini, pembuluh darah akan terjepit dan menimbulkan iksemi jaringan. Untuk itulah, perut menjadi sangat nyeri, punggung kaku dan sakit serta badan meriang. Seperti yang kita tahu, nyeri haid adalah suatu hal yang biasa dialami oleh wanita. Nyeri ini sendiri bisa sangat parah atau hanya nyeri yang biasa saja dan tidak terlalu parah atau sakit Cuters.

Untuk mengurangi rasa nyeri sendiri bisa dilakukan dengan mudah kok Cuters. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa cara cerdas yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri haid atau datang bulan. Cara tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Minum Kunyit Asam

    Sejak zaman dulu kunyit asam memiliki manfaat yang sangat baik buat kesehatan. Dan salah satu manfaatnya adalah sebagai minuman pereda nyeri haid. Kunyit asam ini bisa diminum saat haid hari pertama. Akan lebih baik dan berkhasiat untuk mengatasi nyeri jika kunyit asam ini diseduh menggunakan air panas dan diminum selagi hangat.

  • Kompres Hangat

    Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk mengatasi nyeri haid adalah kompres hangat. Siapkan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat lalu kompres ke perut yang nyeri. Jika tidak mau perut basah, kita bis memakai botol bersih yang diisi dengan air hangat dan meletakkannya di atas perut. Saat mengompres perut ini, usahakan agar kamu sambil istirahat.

  • Hindari Memakai Pakaian Ketat

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah hindari mengenakan pakaian ketat saat mengalami nyeri haid. Pakaian ketat justru bisa membuat nyeri tersebut semakin parah dan kulit menjadi lebih mudah mengalami masalah selulit. Usahakan untuk memakai pakaian yang longgar dan nyaman saat mengalami nyeri haid.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

    Biasanya, saat sedang haid atau datang bulan wanita seringkali mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah. Saat sel darah merah dalam tubuh berkurang, ini dikhawatirkan akan membuat tubuh menjadi semakin lemas dan lebih mudah merasakan sakit akibat nyeri haid. Untuk mengatasinya, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Makanan kaya zat besi tersebut antara lain adalah hati ayam, ibu merah, sayur bayam dan masih banyak lagi.

  • Istirahat Cukup

    Cara paling cerdas dan paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri berlebih saat haid atau datang bulan adalah istirahat cukup. Istirahat ini bisa dilakukan dengan tidur dengan posisi miring. Di sela-sela istirahat ini, kita juga bisa sambil menungging atau melakukan gerakan sederhana yang meminimalisir rasa sakit akibat haid.

Itulah beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri berlebih saat datang bulan atau haid. Semoga, cara ini bermanfaat. Jika kamu punya cara yang lebih mudah dan mengesankan, jangan lupa share di kolom komentar. Saranmu pasti akan membantu para wanita yang ingin mengatasi nyeri saat datang bulan atau haid.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here