Home Unik Esai Renungan di HarDikNas

Renungan di HarDikNas

262
0

Pendidikan

 

Tanggal 2 Mei identik dengan Upacara yang dilaksanakan secara serentak di Alun-alun atau di Lapangan. Beberapa sekolah pun digabungkan.

 

Namun kali ini saya berpikir. Sebenarnya apa sih tujuan dari Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini?

 

Kemarin saya melihat sebuah tayangan di televisi bagaimana seorang ibu tidak mampu membelikan baju pramuka. Namun dia tetap ingin anaknya sekolah. Biarlah tak punya baju pramuka, yang penting tetap bisa menuntut ilmu.

 

Nah kali ini saya ingin bertanya kepada Sahabat Cuters. Apa sih tujuan kalian bersekolah?

a. menuntut ilmu

b. memeiliki ijazah

c. mencari nilai bagus

d. alasan lain

 

 

Yang perlu ditekankan adalah bagaimana ilmu itu bisa menjadi awal perubahan yang bagi kehidupan kita dan orang lain. Ketika Ayah ibu menyekolahkan anaknya. Maka harapan terbesar mereka adalah, supaya anak-anak mereka menjadi orang yang lebih baik dari mereka.

 

Lihat para orang-orang pekerja kasar, pikiran mereka yang sudah maju. Mewajibkan anak mereka untuk sekolah. Biaya yang tak sedikit itupun mereka usahakan. Walaupun sekarang spp gratis. Tetapi seragam sekolah, buku-bukunya cukup mahal juga.

 

Ada juga beberapa orang tua yang saya kenal pribadi rela menjual rumah mereka agar anaknya tetap melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi. Mereka rela pindag dari rumah gedong ke rumah gubuk berdinding anyaman bambu.

Apakah sahabat cuters tahu tujuan dari pendidikan. Apakah hanya untuk mencari ilmu dan mencari nilai atau ijazah?

Sahabat Cuters , pendidikan itu bukan dari sudut formalitas saja. Banyak orang-orang yang sukses yang tidak mengecap bangku sekolah. Tetapi bukan berarti saya menyuruh sahabat untuk keluar dari sekolah ya? Bukan. Hanya saja meminta kalian untuk beberapa menit untuk merenung tujuan dari sekolah itu.

Cuters, selain pendidikan untuk menimba ilmu. Tetapi ilmu itupun bukan cuma menghitung perkalian atau penjumlahan. Tetapi manfaat ilmu kalian untuk hidup kalian nanti seperti apa.

Apabila kalian berbondong-bondong mencari kelulusan dengan cara tidak jujur. Kemungkinan besarnya adalah kalian akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan yang lebih besar daripada sekedar kelulusan sekolah.

Cuters, carilah ilmu. Pelajari mereka. Bukan sekedar menghapal. Apabila kalian mangkir dengan mengatajan bahwa Mata pelajaran Sejarah adalah memang menghapal. Tetapi pernah kah kalian menganalisis sebab dan akibat dari sejarah. Misalnya negara kita yang telah dijajah lebih dari 350 tahun.

Nah kali ini, coba tanyakan pada diri kalian sendiri. Manfaat apa yang sudah bisa kalian berikan kepada sekitar setelah kalian menerima banyak pelajaran di bangku pendidikan?

 

 

 

SHARE