Home Resep Resep Crepes Atau Leker

Resep Crepes Atau Leker

1002
0
Resep Crepes Atau Leker
Resep Crepes atau  lekerLeker atau Crepes adalah jajanan yang enak, manis serta kriuk. Cocok dimakan dalam suasana dan cuaca apapun. Tetapi lebih maknyus ketika leker atau crepsnya masih hangat. Masalah isi, bisa disesuaikan dengan selera.
Bahan:

150 gram Tepung terigu
50 gram Tepung tapioka / kanji
200 gram Tepung beras
500 ml Susu cair
2 sdt Vanili bubuk
2 btr Telur, kocok lepas
2 sdm Butter / margarin, lelehkan
2 sdt Baking powder double acting

Cara Membuat Kue Leker Crepes Renyah :

  1. Campur Tepung terigu, tepung tapioka/kanji, tepung beras, vanili bubuk, dan baking powder, aduk hingga rata lalu sisihkan
  2. Di tempat yang berbeda, campur semua bahan cair (susu cair, telur, margarin/butter leleh), aduk sampai rata.
  3. Jadikan satu / campur kedua bahan tadi sambil diaduk hingga rata, licin dan tidak menggumpal.
  4. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan kedalam cetakan / wajan anti lengket / teflon dan masak sampai matang, tunggu hingga mengering atau terlihat sudah crispy, angkat dan sajikan dengan taburan atau isian sesuai selera.

tips cara mengolah crepes agar tidak gagal :

  1. Untuk mencairkan adonan crepes dapat di gunakan air biasa, susu cair, santan, ataupun sari buah.Jika menggunakan air lebih banyak, hasilnya akan lebih ringan. Sedangkan, jika menggunakan susu, hasilnya akan lebih lembut.
  2. Untuk membuat kulit crepes manis, dapat di gunakan gula pasir yang halus atau gula halus juga bisa. Penggunaan gula jangan terlalu banyak agar tidak cepat gosong.
  3. Untuk membuat kulit crepes yang halus dan rata, gunakan wajan anti lengket dan jangan dioles dengan margarin. Panaskan wajan hingga benar-benar panas dengan api kecil.
  4. Jika menginginkan kulit crepes yang tidak mulus permukaannya, olesi wajan dengan sedikit minyak Goreng atau margarin, serta gunakan telur lebih banyak dari resep semula.
  5. Jangan mengaduk adonan terlalu lama. Agar adonan tidak liat.
  6. Adonan yang encer dapat menghasilkan kulit crepes yang renyah atau garing.
  7. Kulit crepes dapat disimpan dalam lemari es selama dua hari dalam keadaan dibungkus rapat. Beri pelapis seperti kertas roti atau daun pisang saat menumpuk kulit crepes.
  8. Untuk memasak crepes bisa di gunakan alat listrik, plat panas tebal, ataupun wajan atau pan dadar anti lengket. Kalau tidak mempunyai alat listrik bisa menggunkan alat gapit untuk pembutan kue semprong. Prinsip kerjanya sama yaitu menghantarkan panas yang rata untuk mematangkan secara merata kulit crepes

Selamat mencoba 🙂

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here