Home Kesehatan Rokok tidak Bisa Mengatasi Stres

Rokok tidak Bisa Mengatasi Stres

214
0

CuteAbis.com – Rokok tidak Bisa Mengatasi Stres, Menurut Pakar psikologi Radboud University-Nijmegen Belanda Prof AML Coenen menyatakan tidak benar jika merokok dikatakan bisa membuat kondisi menjadi rileks dan bisa mengatasi stres.

Banyak orang yang mengatakan dengan merokok membuat mereka lebih rileks dan tidak stress Padahal, kata dia, nikotin yang terkandung dalam rokok adalah semacam zat perangsang dan tidak bisa merelaksasi kondisi seseorang, dan dengan hanya mencoba beberapa gelintir rokok bisa menjadikan ketergantungan.

Rokok tidak Bisa Mengatasi Stres karena kandungan tar yang juga terdapat dalam rokok justru lebih berbahaya dibandingkan dengan nikotin, karena bisa menyebabkan perokok terkena penyakit kanker. Ada beberapa penyakit kanker yang berpeluang diderita kalangan perokok, tetapi yang paling banyak diderita memang kanker paru-paru.

Namun, ia mengakui bahwa perilaku merokok saat ini justru sangat populer di kalangan anak muda, seolah tak menyadari bahwa kebiasaannya tersebut bisa berisiko sangat berbahaya pada tubuh mereka.

Selain merokok, ia juga menyoroti perilaku berisiko remaja yang membahayakan tubuh, yakni meminum minuman beralkohol yang bisa memengaruhi kemampuan otak dan komponen kesehatan yang lain pada manusia.

Sebenarnya, lingkungan yang memberikan pengaruh besar terhadap perilaku seseorang, termasuk perilaku kesehatan. Keluarga adalah lingkungan terdasar yang pengaruhnya paling besar

Keluarga, menjadi basis penanaman nilai-nilai kesehatan pada setiap individu yang menentukan apakah seseorang memiliki perilaku hidup sehat atau tidak. Kalau keluarga sudah menerapkan dan membiasakan pola perilaku hidup sehat maka setiap anggota keluarga akan terbiasa melakukannya. Mereka juga akan memiliki perilaku hidup yang sehat.

SHARE