Home Unik Flora Sampah Tanaman Yang Bisa Tumbuh Lagi

Sampah Tanaman Yang Bisa Tumbuh Lagi

259
0

Sampah Tanaman Yang Bisa Tumbuh Lagi

Sampah Tanaman Yang Bisa Tumbuh Lagi1-vert

Ada banyak manfaat sampah dapur ternyata. Selain digunakan sebagai pupuk kompos, ada beberapa tanaman yang bisa tumbuh lagi. Menarikkan? Daripada sampah tersebut hanya dibuang dan membusuk, alangkah cerdasnya kalau kita memanfaatkannya dengan menanamnya kembali cuters. Apa saja tanaman itu?

  1. Romaine Lettuce atau Cos
    Lettuce jenis ini adalah jenis yang paling banyak dipakai dalam jenis makanan, baik salad maupun sandwich. Buat Penyuka Masak yang suka membuat salad atau sandwich pasti sering membeli sayuran ini. Daripada membuang bonggolnya, Penyuka Masak dapat menumbuhkan kembali daun selada ini loh.
    Ambil bonggol lettuce, kemudian taruh dalam toples bekas yang berisi air setinggi 2 cm. Taruh dekat jendela di mana sinar matahari dapat masuk. Jangan lupa ganti airnya sehari atau dua hari sekali. Dalam beberapa hari, Penyuka Masak akan mendapati lettuce ini mengeluarkan tunas daun baru. Biarkan lettuce tumbuh, jika ada daun layu yang kecoklatan segera pangkas. Lettuce merah dan lettuce hijau lainnya dapat ditanam kembali dengan cara ini.
  2. Kucai
    Jenis bawang ini adalah yang paling mudah tumbuh. Ambil sisa batang bersama akarnya, lalu masukkan dalam gelas yang berisi air. Atur daun bawang agar akarnya menghadap ke bawah. Ganti airnya setiap dua hari sekali. Dalam seminggu, sisa akar ini akan tumbuh menjadi daun bawang baru.
  3. Adas (Fennel)
    Karena rasanya yang kuat, Adas biasanya digunakan hanya sedikit bagian. Penyuka Masak bisa menanamnya kembali loh. Ambil bonggolnya kemudian taruh dalam gelas dan isi dengan air sehingga bonggolnya tertutup. Taruh gelas atau wadah tersebut agar terpapar sinar matahari, lihat dalam beberapa hari tunas akan muncul. Ganti airnya dua hari sekali dan potong sebagian adas jika ingin diolah.
  4. Daun Bawang
    Daun bawang seringkali digunakan untuk sup dan sangat mudah ditanam kembali hanya dengan perantara air. Ambil 3-4 cm batang beserta akar daun bawang, benamkan dalam air, dan taruh di dekat jendela yang terpapar sinar matahari selama beberapa hari. Pasti daun bawang akan tumbuh dalam waktu seminggu.

Ternyata bila kita jeli, segala sesuatu yang dianggap sampah, bisa digunakan lagi. Atau bahkan ditumbuhkan lagi. Bukan sulap bukan sihir ya cuters. Bila ketia tanaman yaitu Adas, Cos, dan kucai jarang digunakan oleh Anda. Maka daun bawang pasti akrab. Tanaman yang biasanya dicampur pada telur dan martabak ini bisa Anda tumbuhkan lagi.

 

source

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here