Home Kuliner Sate Maranggi Dari Purwakarta Sampai Keluar Negeri

Sate Maranggi Dari Purwakarta Sampai Keluar Negeri

145
0

Rasanya yang lezat, kaya akan rempah-rempah khas Indonesia membuat Sate Maranggi menjadi makanan yang disukai banyak orang. Sebagai sajian, sate maranggi memang khas dan berbeda dengan sate lainnya.

Rendaman bumbu seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, cuka, gula merah, dan kecap manis membuat cita rasa sate maranggi komplet, tanpa perlu bumbu pendamping lain seperti bumbu kacang untuk menambah kaya cita rasa sate khas Purwakarta ini.

Tak heran sate maranggi diikutsertakan dalam World Street Food Congress, Filipina, dan menjadi salah satu dari delapan jajanan kaki lima paling favorit yang dipilih oleh CNN.

Belakangan sate maranggi bahkan menjadi menu makan siang Presiden Joko Widodo bersama para CEO Korea Selatan saat berkunjung ke Negeri Ginseng itu. Sebagai makanan khas Indonesia, sate maranggi memang memiliki potensi besar untuk menjadi makanan internasional.

Sate maranggi Purwakarta memiliki keistimewaan tersendiri, berbeda daerah memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Contohnya sate semanggi Pleret memiliki ciri khas kecap yang diramu sendiri. Ada lagi sate maranggi Cibungur yang sudah punya standar internasional.

Zaman ibu Marie Elka Pangestu (menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) sate maranggi Cibungur pernah diikutsertakan ke makanan internasional, dan termasuk sebagai makanan yang lolos, berstandar gizi dan sehat.

Saat ini juga sedang diupayakan steak maranggi, sebagai bentuk inovasi baru memopulerkan cita rasa khas maranggi di berbagai kalangan masyarakat.

Sate maranggi punya potensi besar untuk menjadi makanan kelas atas, bukan sekadar jajanan kaki lima.

Makanan enak dibawa ke kalangan bawah bisa, ke atas bisa. Soal penyajian sate maranggi dari pinggiran kaki lima bisa makan lesehan, atau dunia kreatif anak muda  juga bisa. Dibawa ke food truck, dibawa ke fine dining, sate maranggi juga bisa. Sesuai kebutuhan pasar dan image yang diinginkan. Tapi jangan lupa branding Indonesia. Diharapkan anak muda Indonesia tak berhenti eksplor Indonesia. Indonesia luar biasa kaya, bumbunya sangat banyak.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here