Home Kesehatan Serba Serbi Jerawat

Serba Serbi Jerawat

74
0

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan bisa dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang sedang berada pada masa pra-remaja maupun remaja. Beberapa orang bahkan bisa mengalami jerawat yang berlangsung hingga dewasa.

Dilansir dari laman meetdoctor.com, jerawat merupakan bentuk radang yang terjadi pada kelenjar dekat kulit yang terletak di sebelah folikel rambut. Kelenjar ini disebut sebagai kelenjar sebaceous, mengeluarkan minyak yang disebut sebum. Sebum yang diproduksi ini merupakan hal yang normal, namun biasanya pada wajah berjerawat, kelenjar ini berukuran lebih besar dan menghasilkan lebih banyak minyak pada kulit. Minyak yang berlebihan ini dapat membuat bakteri dan sel-sel kulit terperangkap, terutama bakteri P. acnes yang akan semakin subur di kondisi berminyak ini, dan menyebabkan jerawat.

Penyebab timbulnya jerawat

Dengan mengenali penyebab timbulnya jerawat yang berbeda-beda pada masing individu, masalah jerawat dapat diatasi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat adalah faktor keturunan dan faktor lingkungan sekitar. Lingkungan di sekitar tubuh dan gaya hidup yang diikuti dapat menyebabkan tingginya risiko terjadinya jerawat.

Hati-hatilah dengan obat-obatan yang dikonsumsi sehari-hari, karena kandungan steroid di dalam obat dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Pemakaian obat yang mengandung corticosteroids sendiri juga dapat menyebabkan terjadinya jerawat yang berisi papul dan pustul, jenis jerawat tanpa komedo. Jenis steroid anabolik juga dapat menyebabkan jerawat dengan komedo hitam maupun komedo putih.

Untuk penggunaan kosmetik yang langsung menyentuh kulit wajah, pilihlah jenis kosmetik yang memiliki label noncomedogenics, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan komedo putih dan komedo hitam. Pilih juga label yang bertuliskan oil-free atau non-comedogenics.

Salah satu faktor penyebab jerawat lainnya adalah adanya sisa keringat di permukaan kulit yang mengering dan menyumbat pori-pori kulit serta adanya iklim udara yang lembab. Hindari udara ruangan yang lembab dan bersihkan sisa-sisa keringat pada tubuh.

Selain faktor dari luar tubuh, adanya keturunan keluarga yang memang mengalami jerawat serta siklus menjelang haid juga dapat menyebabkan terjadinya jerawat.

Hindari faktor-faktor yang berakibat timbulnya jerawat ini dengan menjaga pola makan, sering berolahraga untuk membakar tumpukan lemak dari dalam tubuh dan memilih kosmetik serta produk perawatan kulit yang sesuai jenis kulit.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here